Segmentasi (Pengelompokkan) Pasar dengan Metode Analisis Kluster (StudiKasus padaPerusahaan AJB Bumiputera 1912 Rayon Utama Gondomanan Jogjakarta)
Abstract
Penelitian ini dilakukan di Perusahaan AJB Bumiputera 1912 Rayon Utama
Gondomanan Jogjakarta, dengan tujuan untuk mengelompokkan nasabah
berdasarkan kemiripan karakteristik antar nasabah sebagai dasar untuk
menentukan sasaran pasar yang dituju. Dengan jenis data yang digunakan
berupa data sekunder, yaitu data nasabah dengan populasi sejumlah kurang lebih
7800 nasabah. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive cluster random
sampling dengan sampel sebesar 75 nasabah. Analisis statistik yang digunakan
adalah analisis kluster hierarki metode Ward's dengan menggunakan bantuan
perangkat lunak (software) SPSS 10.01. Berdasarkan hasil analisis dengan
analisis kluster hierarki metode Ward's diperoleh dua kluster (kelompok)
nasabah pada Perusahaan AJB Bumiputera 1912 Rayon Utama Gondomanan
Jogjakarta, yaitu Muster (kelompok) 1 dan kluster (kelompok) 2. Lima variabel,
yaitu : usia, pekerjaan, pendapatan, status dan jumlah anak mempakan pembeda
untuk kedua kluster (kelompok) tersebut, sedangkan satu variabel, yaitu
pendidikan relatif sama atau tidak berbeda secara nyata untuk kedua kluster
(kelompok) tersebut. Komposisi kluster (kelompok) 1yang paling dominan yaitu
jenis kelamin perempuan, alamat pada daerah A, Gdan J, serta asuransi yang
diikuti adalah jenis asuransi DPB (Dana Prima Baru). Sedangkan komposisi
kluster (kelompok) 2 yang paling dominan yaitu jenis kelamin laki-laki, alamat
pada daerah Gdan J, serta asuransi yang diikuti adalah jenis asuransi SHP
(Seumur Hidup Prima).
Collections
- Statistics [899]