Segmentasi Nasabah Berdasarkan Motivasi Untuk Menabung (Studi Kasus pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Cik Ditiro Jogjakarta)
Abstract
Penelitian ini dilakukan di Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Cik
Ditiro Jogjakarta, dengan tujuan untuk mengelompokan nasabah berdasarkan
motivasi nasabah untuk menabung kemudian mendeskripsikan masing-masing
kelompokyang terbentuk. Data yang digunakan berupa data primer, yaitu data
yang secara langsung diperoleh dari sumbernya (nasabah), dengan populasinya
adalah seluruh nasabah BRI cabang Cik Ditiro Jogjakarta. Yang dimaksud
nasabah dalam hal ini adalah seseorang yang mempunyai tabungan di BRI
sekaligus mempunyai kartu ATM. Variabel dalam penelitian ini terbagi menjadi
2, yaitu variabel kualitatif (usia, pendidikan, jenis kelamin, pekerjaan,
pendapatan, pengeluaran dan status tempat tinggal yang merupakan faktor
demografis) dan variabel kuantitatif (faktor-faktor yang diasumsikan
berpengaruh terhadap motivasi nasabah untuk menabung). Untuk melakukan
analisis kelompok, sampel yang diambil sebanyak 249 nasabah. Analisis statistik
yang digunakan adalah analisis kelompok hierarki dengan metode Ward's untuk
menentukan jumlah kelompok yang akan dibentuk, analisis kelompok nonhieranki
(K-means) untuk mengelompokan nasabah BRI dan melihat karakteristik
yang dominan pada tiap kelompokyang terbentuk, serta analisis variansi dan
perbandingan ganda untuk melihat hubungan antara variabel demografisdengan
variabel yang merupakan faktor perdorong nasabah untuk menabung. Dari hasil
analisis, akan diperoleh 2 kelompok kelompok I yaitu kelompok nasabah yang
memilih BRI sebagai tempat menabung karenafaktor pelayanan dan keamanan,
fasilitas serta faktor lokasi, beranggotakan 76 nasabah. Dan kelompok 2 yaitu
kelompok nasabah yang memilih BRI sebagai tempat menabung karena faktor
fasilitas dan pelayanan, beranggotakan 124.
Collections
- Statistics [899]