Analisis Segmentasi Konsumen Di Galeria Mall Yogyakarta
Abstract
Penelitian dalam rangka pembuatan Tugas Akhir ini dilaksanakan pada
sebuah instansi yng bergerak di bidang retail, yaitu di Pusat Belanja Galeria
yang beralamatkan di Jl. Jend. Sudirman 99-101, Yogyakarta. Alat analisis
statistik yang digunakan untuk kepentingan segmentasi konsumen di Galeria
Mall adalah analisis kluster dengan menggunakan bantuan perangkat lunak
(software) SPSS 10. Berdasarkan hasil analisis diperoleh empat kelompok
konsumen pada swalayan Galeria Mall Yoyakarta, yaitu kelompok 1, kelompok 2,
kelompok 3 dan kelompok 4.. Komposisi kelompok I (terang, dingin, bersih)
yang paling dominan adalah berpendidikan SMP/ Sederajat, SMU/Sederajat dan
mempunyai pengeluaran per bulan kurang dari Rp 200.000. Komposisi kelompok
2 (lengkap, imagejyang paling dominant adalah berusia antara 35 44 tahun,
berprofesi sebagai Konsultan, Wiraswasta,pedagang, TNI/ P0LR1, Buruh, dan
yang tidak ditentukan dalam penelitian ini. Komposisi kelompok 3 (jajan, satpam,
info, layoyut, harga, musik) yang paling dominant adalah berprofesi sebagai
Konsultan, mempunyai pengeluaran per bulan antara Rp 1.000.000 Rp
2.000.000, antara Rp 2.000.000 - Rp 4. 000.000, bertempat tinggal di Jakarta,
Jawa Barat, dan luar Pulau Jawa. Kelompok 4(Karyawan, kasir, parkir,
promosi, luas, lainjyang paling dominant adalah berjenis kelamin pria dan
wanita, berusia antara 14 - 24 tahun, 25 - 34 tahun, 45 - 64 tahun,
berependidikan Akademi D1,D2,D3, SI, S2, lainnya, berprofesi sebagai Pelajar/
Mahasiswa, Karyawan Swasta, Pegawai Negeri, pengeluaran per bulan Rp
200.000 Rp 500.000, Rp 500.000 - Rp 1.000.000, dan bertempat tinggal di
Wilayah DIY, Jawa Tengah, Jawa Timur.
Collections
- Statistics [905]