Analisis Positioning Dan Segmentasi Pasar Serta Implikasinya Terhadap Strategi Pemasaran
Abstract
Kemajuan sektor industri telekomunikasi yang sangat pesat, membuat
kebutuhan akan informasi meningkat tajam. Hal ini dibuktikan dengan
bermunculannya beberapa perusahaan baru yang bergerak dalam bidang
operator seluler selain dari operator seluler yang dikeluarkan oleh PT TELKOM
Indonesia Tbk. Penelitian ini mencoba mengevaluasi keberadaan operator
seluler jenis Simpati, pengelompokan jenis operator, dan mengetahui
karakteristik demografi yang mempengaruhi konsumen ketika membeli produk
operator berdasarkan konsep positioning dan segmentasi pasar. Berdasarkan
hasil penelitian diketahui bahwa operator Simpati, merupakan operator seluler
yang memiliki image/persepsi yang baik di mata konsumen, dan operator Mentari
dan Pro XL merupakan pesaing langsung bagi operator Simpati. Sedangkan
operator IM3, Telkom Fleksi, dan Fren merupakan pesaing tidak langsung.
Collections
- Statistics [900]