Show simple item record

dc.contributor.advisorBudi Agus Riswandi
dc.contributor.authorFania Athaya Salsabila
dc.date.accessioned2021-01-29T01:32:59Z
dc.date.available2021-01-29T01:32:59Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/26858
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui tanggung jawab pengembang terhadap konsumen akibat wanprestasi dalam perjanjian jual beli apartemen di Apartemen Malioboro City. Penelitian ini mengangkat dua rumusan masalah yakni Bagaimana tanggung jawab pengembang terhadap konsumen akibat wanprestasi dalam perjanjian jual beli apartemen (Studi kasus: Sengketa Apartemen Malioboro City)? dan Bagaimana perlindungan hukum konsumen apartemen terhadap pengembang yang dinyatakan pailit (Studi kasus: Jual Beli Apartemen Malioboro City)? Data penelitian dikumpulkan dengan cara studi pustaka dan dokumen, serta wawancara dengan narasumber. Analisa data dilakukan dengan pendekatan yuridis (perundang-undangan). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa belum adanya tanggung jawab yang diberikan oleh pihak pengembang, mestinya pengembang memberikan tanggung jawab berupa ganti rugi pengembalian uang yang sejenis atau setara nilainya. Dalam hal ini kerugian yang dialami konsumen yaitu berkisar antara Rp. 300.000.000 (tiga ratus juta rupiah) hingga Rp. 600.000.000 (enam ratus juta rupiah). Terkait tidak dipenuhinya fasilitas lapangan basket dan jogging track, maka pengembang dapat mendapat sanksi administratif sesuai dengan Pasal 40 ayat (1) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2011 tentang Rumah Susun. Adapun perlindungan hukum bagi konsumen apartemen sebagai kreditur konkuren apabila pengembang dinyatakan pailit yaitu Perlindungan hukum preventif sebagai upaya pencegahan dan Perlindungan Hukum Represif. Saran yang penulis berikan dalam penelitian ini adalah konsumen diharapkan kritis dalam mencermati klausul-klausul yang terdapat di dalam PPJB kemudian pemerintah perlu membuat aturan hukum yang mengatur lebih lanjut mengenai hak hak kreditur konkuren tujuannya agar dapat meminimalisir kerugian yang ditimbulkan kepada konsumen, selain itu diperlukan keterbukaan informasi dan itikad baik oleh pihak pengembang kepada konsumen apartemen.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectTanggung Jawaben_US
dc.subjectPengembangen_US
dc.subjectWanprestasi Apartemenen_US
dc.titleTANGGUNG JAWAB PENGEMBANG TERHADAP KONSUMEN AKIBAT WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN JUAL BELI APARTEMEN (Studi kasus: Jual Beli Apartemen Malioboro City)en_US
dc.Identifier.NIM1641016


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record