Perbedaan Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Anak Sekolah Dasar Tentang Phbs Sekolah Disdn Gobras Ii Dan Sdial-Azhar Tasikmalayatahun
Abstract
anak merupakan aset suatu bangsa untuk mencapai keberhasilan dimasa yang akan datang sebagai penerus bangsa. Saat ini masalah kesehatan anak masih banyak dikeluhkan terutama pada anak usia sekolah. di Indonesia jumlah intitusi pendidikan khususnya sekolah dasar per juli 2007 sebanyak 338.729 munculnya berbagai penyakit yang sering menyerang anak usia sekolah yakni usia tujuh hingga usia sepuluh tahun umumnya berkaitan dengan PHBS khususnya dilingkungan sekolah dengan PHBS yang rendah.Tujuan :Untuk mengetahui perbedaan pengetahuan, sikap dan perilaku anak sekolah dasar tentang PHBS sekolah di SDN Gobras II dan SDI Al-Azhar Tasikmalaya.Metode :Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan crossectionalTehnik pengambilan sampel dengan menggunakan total sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 81 siswa pada SDN Gobras II dan 64 siswa pada SDI Al-Azhar Tasikmalaya. Metode analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah uji kruskal-wallis test.Hasil :Perbedaan Pengetahuan terkait PHBS pada SDI Al-Azhar Tasikmalaya dan SD Gobras II tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan. Perbedaan Sikap terkait PHBS pada SDI Al-Azhar Tasikmalaya dan SD Gobras II tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan. Perbedaan perilaku terkait PHBS pada SDI Al-Azhar Tasikmalaya memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan SD Gobras II, dan menunjukkan perbedaan yang signifikan.Kesimpulan :Terdapat perbedaan yang signifikan pada perilaku PHBS di SDI Al-Azhar Tasikmalaya di bandingkan dengan SDN Gobras II
Collections
- Medical Education [2418]