PEMENUHAN HAK ATAS KEAMANAN DAN KENYAMANAN PENGGUNA PARKIR MOBIL DENGAN METODE PEMBAYARAN CASH DI PARKING PAYMENT STATION (Studi Pada Parkiran Di Pusat Perbelanjaan Di Lippo Mall Puri Jakarta)
Abstract
Studi ini bertujuan untuk mengetahui apakah terpenuhinya hak-hak konsumen
yang mutlak dimiliki oleh konsumen sebagaimana diatur dalam Pasal 4 UU
Perlindungan Konsumen sehubungan adanya penerapan sistem pembayaran
yang hanya dapat menggunakan elektronik money yang diselenggarakan oleh
satu penyelenggara sistem elektronik saja dan sehingga mempersulit pengguna
parkir melakukan pembayaran secara cash di Parking Payment Station di pusat
perbelanjaan Lippo Mall Puri Jakarta. Rumusan masalah yang diajukan dalam
penelitian ini adalah bagaimana analisis pemenuhan hak konsumen atas
keamanan dan kenyamanan pengguna jasa parkir mobil dengan metode
pembayaran cash di Parking Payment Station. Penelitian ini termasuk tipologi
penelitian yuridis empiris dengan analisis data secara kualitatif dengan metode
deskriptif atas data primer dengan kuesioner atau angket yang bertujuan untuk
mengetahui hak keamanan dan kenyamanan pengguna parkir di Lippo Mall Puri
yang membayar parkir dengan metode cash. Hasil penelitian menunjukkan
sejauh mana pelaku usaha jasa penyedia parkir memenuhi hak konsumen dan
konsumen menggunakan hak-haknya yang telah tercantum dalam Pasal 4 UU
Perlindungan Konsumen dan ternyata masih ada beberapa hak pengguna yang
belum terpenuhi. Penelitian merekomendasikan hendaknya pelaku usaha lebih
memperhatikan manajemen perusahaan sebagai penyediaa jasa parkir untuk
menciptakan rasa aman dan kenyamanan dalam efesiensi pembayaran kepada
konsumen dalam menggunakan jasa parkir yang disediakan.
Collections
- Law [2357]