Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Rumah Sakit ( Studi Kasus Di Rumah Sakit Umum Daerah Sleman )
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan kepuasan pasien
terhadap pelayanan administrasi, kecepatan penanganan dan pelayanan farmasi dari
konsumen pengguna jasa RumahSakitUmum Daerah Sleman.
Waktu dan tempat penelitian adalah pada bulan juni 2001 dan bertempat di
bagian poliklinik Rumah Sakit Umum Daerah Sleman. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh pengguna jasa Rumah Sakit Umum Daerah Sleman. Yang dijadikan
sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Untuk pengambilan sampel
digunakan teknik sampel random. Alat pengumpul data yang digunakan adalah
dengan menggunakan angket. Kesahihan instrumen diperoleh melalui uji validitas
dan reliabilitas instrumen dengan rumus korelasi pearson untuk uji validitas dan
rumus Spearman untuk uji reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan
adalah teknik analisis data kualitatip yang melibatkan dua faktor.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk pelayanan administrasi,
kecepatan penanganan dan pelayanan farmasi di rumah Sakit Umum Daerah Sleman^
pasien cenderungmerasa puas.
Collections
- Statistics [906]