Show simple item record

dc.contributor.advisordrg. Punik Mumpuni Wijayanti, M.Kes
dc.contributor.authorDiantoro, Rizza Febri
dc.date.accessioned2021-01-20T05:36:05Z
dc.date.available2021-01-20T05:36:05Z
dc.date.issued2015-09-01
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/26639
dc.description.abstractxANALISIS TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN BERDASARKAN SURVEY IKM DI PUSKESMAS BOROBUDUR MAGELANGRizza Febri Diantoro, Punik Mumpuni, SunartoINTISARILatar Belakang : Peningkatan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan daya saing unit-unit kesehatan. Untuk mengetahui kepuasan masyarakat atau pelanggan dapat dilakukan melakui pengukuran kepuasan masyarakat atau pelanggan, untuk dapat mengetahui sampai sejauh mana pelayanan telah mampu memenuhi harapan atau dapat memberikan pelayanan kepada pelanggan. Menurut Kep./25/M.PAN/2/2004 terdapat 14 unsur yang “relevan, valid dan reliable”, sebagai unsur minimal yang harus ada sebagai dasar pengukuran indeks kepuasan masyarakat.Tujuan : Mengetahui dan menganalisis tingkat kepuasan masyarakat terhadap Pelayanan Puskesmas Borobudur Magelang berdasarkan sistem pengukuran survey indeks kepuasan masyarakat.Metode : Menggunakan metode survei dengan pendekatan cross sectional, dengan pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif deskriptif, dimana informasi di kumpulkan suatu saat tertentu dan dilakukan dengan mengambil data melalui kuisioner. Analisa yang digunakan adalah analisa univariat.Hasil : Hasil penelitian ini didapatkan jumlah nilai total rata-rata unsur adalah 41,52 dengan nilai indeks sebesar 2,94792, dan nilai konversi sebesar 73,698 yang berarti baik.Kesimpulan :Pelayanan kesehatan di Puskesmas Borobudur Magelang berdasarkan tingkat kepuasan masyarakat masuk dalam mutu pelayanan B, yaitu kinerja unit pelayanan baik.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectSurvey IKMen_US
dc.subjectPelayanan Kesehatanen_US
dc.subjectTingkat Kepuasanen_US
dc.subjectAnalisisen_US
dc.titleAnalisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan Berdasarkan Survey IKM Di Puskesmas Borobudurmagelangen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM09711194


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record