Preferensi Konsumen dalam Membeli Tiket Pesawat Terbang di Yogyakarta dengan Menggunakan Analisis Konjoin
Abstract
Penelitian dalam rangka pembuatan Tugas Akhir ini dilakukan untuk
mengetahui karakteristik para penumpang atau konsumen yang akan melakukan
pemberangkatan di Bandar Udara Internasional Adisucipto dan untuk mengetahui
preferensi atau pertimbangan konsumen dalam membeli tiket pesawat terbang di
Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah analisis konjoin. Data dikumpulkan
dengan melakukan penyebaran kuesioner di ruang tunggu Bandar Udara
Internasional Adisucipto. Berdasarkan hasil analisis tersebut didapatkan, bahwa
karakteristik responden yang membeli tiket pesawat terbang dan yang akan
melakukan pemberangkatan di Bandar Udara Internasional Adisucipto, di dominasi
olehpara laki4aki, dengan tujuan utama adalah Jakarta, dengan maksudperjalanan
untuk pekerjaan dan bisnis, dengan pekerjaan utama sebagai pegawai negri dan
pegawai swasta, dengan rata-rata umur adalah 31 tahun lebih 6 bulan. Sedangkan
preferensi atau pertimbangan yang paling disukai konsumen dalam membeli tiket
pesawat terbang di Yogyakarta adalah para konsumen lebih suka booking atau
memesan tiket melalui datang secara langsung ke agen perjalanan dengan tiket
dibayar secara tunai, dimana tiket tersebut diambil langsung oleh orang yang
bersangkutan di agen perjalanan. Dengan faktor utama yang mempengaruhi para
konsumen dalammembeli tiketpesawat terbang adalah cara memesan tiket.
Collections
- Statistics [904]