Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Pada Anak Kelas V Sdit Alam Nurul Islam Yogyakarta
Abstract
Setiap orang tua mengiinginkan anaknya berprestasi. Akan
tetapi masih banyak orang tua yang tidak menyadari bahwa pola asuh dapat
mempengaruhi prestasi anak, karena pola asuh yang diterapkan sering disalah
artikan oleh anak. Oleh karena itu, dalam membangun kecerdasan anak diperlukan
kerjasama yang baik antara orang tua dan anak. Peran orang tua adalah
memberikan stimulasi agar anak dapat bertumbuh kembang dengan baik terutama
dalam kecerdasan, karena tanpa ada bantuan dari orang tua kecerdasan anak tidak
dapat berkembang dengan maksimal.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara pola
asuh rang tua dengan prestasi belajar pada anak kelas V di SDIT Alam Nurul
Islam Yogyakarta.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode cross-sectional yang dilakukan pada
62 subjek. Penelitian ini dilakukan di SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta dengan
mengambil data primer yaitu dengan pengisian lembar kuesioner pola asuh dan
pengambilan nilai UAS semester genap yang kemudian dianalisis menggunakan
chie Square. Tetapi karena tidak memenuhi persyaratan yang tidak terpenuhi
sehingga menggunakan Fisher Exact.
Hasil: Berdasarkan uji analiss hubungan pola asuh orang tua dengan prestasi
belajar pada anak kelas V menggunakan Fisher Exact didapatkan nilai
signifikansi p > 0,005 yaitu didapatkan p=0,905.
Simpulan: Pola asuh orang tua memiliki hubungan yang tidak signifikan denga
prestasi belajar pada anak kelas V di SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta.
Collections
- Medical Education [2279]