Pengaruh Derajat Myopia Dengan Prestasi Belajar Pada Anak Kelas 4 Dan 5 Di SD Gambiranom, Sleman Yogyakarta
Abstract
:Mata merupakan salah satu dari banyak organ yang paling
penting dalam kehidupan manusia. Banyak aktifitas manusia yang sangat
memerlukan fungsi dari mata organ indra khususnya, mulai dari aktifitas
menambah ilmu pengetahuan dengan membacajurnal dan sebagainya hingga hal
yang lebih membutuhkan konsentrasi, konvergensi dan daya akomodasi serta
ketelitian yang lebih tinggi seperti melihat mikroskop saat melakukan penelitian
di laboratorium dalam melakukan pemeriksaan untuk mendiagnosis suatu
penyakit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh
derajat myopia dengan prestasi belajar pada anak kelas 4 dan 5 di SDN
Gambiranom Manukan Condong Catur Sleman Yogyakarta.
Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian non-eksperimental yang
bersifat kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah cross sectional.
Data yang digunakan merupakan data primer berupa kuisioner rabun jauh yang
diisi oleh siswa kelas IV dan V dengan dibantu oleh peneliti dan juga hasil
pemeriksaan fisik mata untuk myopia serta data sekunder berupa laporan hasil
belajar (raport) semester ganjil dan semester genap.
Hasil:Setelah seluruh data dikumpulkan, ternyata responden yang terdapat dalam
penelitian ini hanya tersebar pada dua kelompok derajat myopia, yaitu derajat
myopia ringan dan sedang. Setelah dilakukan pengolahan menggunakan metode
chi-square didapatkan hasil p=0.419 sehingga dapat dinyatakan bahwa tidak
terdapat perbedaan hasil prestasi belajar yang signifikan pada kelompok derajat
myopia sedang dan kelompok derajat myopia ringan.
Kesimpulan:sehingga dapat disimpulkan tidak ada pengaruh derajat myopia
dengan prestasi belajarpada anak kelas 4 dan 5 di SDGambiranom, Sleman
Yogyakarta.
Collections
- Medical Education [2293]