Show simple item record

dc.contributor.advisorAgus Mansur
dc.contributor.authorAdi Suparmansyah
dc.date.accessioned2021-01-08T06:12:10Z
dc.date.available2021-01-08T06:12:10Z
dc.date.issued2007
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/26377
dc.description.abstractCV. Cakra Mataram Sejati satah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa provider, yaitu memberikan layanan telekomunikasi. Disini perusahaan merencanakan untuk menempatan BTS/pemancarnya di lokasi yang strategis, dimana lokasi yang strategis itu memenuhi beberapa kriteria diantaranya: lokasi dekat dengan pusatkota, memenuhi batas ketinggian normal lokasi, ketidakpadatan bangunan disekitar lokasi, keamanan lokasi, dan kondisi lokasi. Pentingnya penempatan lokasi BTS/pemancar internet bagi perusahaan, merupakan salah satu tujuan untuk memenuhi keinginan konsumen dalam memberikan jaringan internet yang baik, kali ipi penelitian dilakukan pada CV. Cakra Mataram Sejati (CMS). Dimana perusahaan akan merencanakan untuk mendirikan pemancar pada lokasi yang strategis, perusahaan memberikan 3 altematif lokasi yang akan dipilih untuk dijadikan lokasi penempatan pemancamya, gedung lokasi yang akan dijadikan penempatan pemancar tersebut. Salah satu metode yang bisa membantu untuk menentukan lokasi strategis yang akan di pilih oleh perusahaan yaitu dengan menggunakan metode Fuzzy Multi Criteria Decision Making (FMCDM), dimana pengambilan keputusan terhadap altematif yang harus diambil dengan beberapa kriteria yang akan menjadi bahan pertimbangan. untuk menentukan lokasi penempatan BTS/pemancar Internet dengan beberapa kriteria, lokasi yang diberikan oleh pengambil keputusan. Ada 3 altematif lokasi gedung yang diberikan yaitu gedung STIM YKPN, gedung Hotel Garuda, dan gedung Hotel dan Apartmen Sejahtera. Dari hasil penelitian diperoleh hasil, bahwa nilai yang paling optimal berada pada gedung Hotel dan Aprtmen Sejahtera sebagai altematif terbaik. Dengan nilai total integral terbesar yaitu 4,275.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectlokasien_US
dc.subjectBTSen_US
dc.subjectFuzzy Multi Criteria Decision Making (FMCDM)en_US
dc.titlePenentuan Lokasi Pemancar Internet/Base Transciever Station (BTS) Menggunakan Metode Fuzzy Multi Criteria Decision Making (FMCDM) (Studi Kasus CV. Cakra Mataram Sejati)en_US
dc.Identifier.NIM02522159


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record