Penentuan Lokasi Pemancar Internet/Base Transciever Station (BTS) Menggunakan Metode Fuzzy Multi Criteria Decision Making (FMCDM) (Studi Kasus CV. Cakra Mataram Sejati)
Abstract
CV. Cakra Mataram Sejati satah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa
provider, yaitu memberikan layanan telekomunikasi. Disini perusahaan merencanakan
untuk menempatan BTS/pemancarnya di lokasi yang strategis, dimana lokasi yang
strategis itu memenuhi beberapa kriteria diantaranya: lokasi dekat dengan pusatkota,
memenuhi batas ketinggian normal lokasi, ketidakpadatan bangunan disekitar lokasi,
keamanan lokasi, dan kondisi lokasi. Pentingnya penempatan lokasi BTS/pemancar
internet bagi perusahaan, merupakan salah satu tujuan untuk memenuhi keinginan
konsumen dalam memberikan jaringan internet yang baik, kali ipi penelitian
dilakukan pada CV. Cakra Mataram Sejati (CMS). Dimana perusahaan akan
merencanakan untuk mendirikan pemancar pada lokasi yang strategis, perusahaan
memberikan 3 altematif lokasi yang akan dipilih untuk dijadikan lokasi penempatan
pemancamya, gedung lokasi yang akan dijadikan penempatan pemancar tersebut.
Salah satu metode yang bisa membantu untuk menentukan lokasi strategis
yang akan di pilih oleh perusahaan yaitu dengan menggunakan metode Fuzzy Multi
Criteria Decision Making (FMCDM), dimana pengambilan keputusan terhadap
altematif yang harus diambil dengan beberapa kriteria yang akan menjadi bahan
pertimbangan. untuk menentukan lokasi penempatan BTS/pemancar Internet dengan
beberapa kriteria, lokasi yang diberikan oleh pengambil keputusan. Ada 3 altematif
lokasi gedung yang diberikan yaitu gedung STIM YKPN, gedung Hotel Garuda, dan
gedung Hotel dan Apartmen Sejahtera.
Dari hasil penelitian diperoleh hasil, bahwa nilai yang paling optimal berada
pada gedung Hotel dan Aprtmen Sejahtera sebagai altematif terbaik. Dengan nilai
total integral terbesar yaitu 4,275.
Collections
- Industrial Engineering [2321]