dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menentukan faktor-faktor apa yang
dipertimbangkan dan menyebabkan ketidakpuasan konsumen warung internet,
penelitian ini dilakukan di warung internet yang berada di sekitar kampus
terpadu UII Jogjakarta dari jalan Kaliurang (km. 13 sampai-km.14.5), yaitu
antara lain; UII Cyber Space, Angel Net, Ciwawa Net, Trial Net, RG Net dan City
Net. Pengumpulan data diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner yang telah
valid dan reliabel kepada konsumen dari keenam warung internet tersebut.
Melalui analisis faktor diperoleh hasil bahwa ada 6 faktor yang mempengaruhi
konsumen dalam pemilihan warung internet, yaitu : "faktor eksternal dan fasilitas
pendukung", "faktor petugas pelayanan dan kenyaman ruangan", "faktor
kualitas peralatan dan kecepatan sambungan", "faktor kebersihan, lokasi dan
pelayanan 24 jam", "faktor desain ruangan, harga, dan variasi program",
"faktor sambungan dan promosi". Keenam faktor tersebut menjelaskan 62,815%
dari variansi total. Dari analisis tingkat kesesuaian harapan dan kinerja layanan
warung internet dengan menggunakan diagram kartesius diperoleh faktor tertentu
yang harus diprioritaskan penanganannya dalam memuaskan pelanggan antara
lain: kecepatan sambungan/online ke situs-situs yang ada dalam internet,
fasilitas pendukung seperti tempat menunggu yang nyaman dan santai, tempat
parkir dan petugas penjaganya, musik serta toilet/wc di warnet, dan ketersediaan
diskonpemakaian. | en_US |