Persepsi Mahasiswa Strata I (S1) Universitas Islam Indonesia tentang Statistika dan Pengajaran Statistika
Abstract
Pandangan mahasiswa tentang mata kuliah statistika merupakan salah satu
faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan mahasiswa dalam belajar.
Pandangan tersebutdapat digambarkan dari motivasidan harapanmahasiswa, serta
dipengaruhi oleh model pengajarannya. Tentunya pandangan mahasiswa secara
umum tentang statistika dan pengajaran statistika perlu diketahui untuk perbaikan
proses belajar dan mengajar mata kuliah statistika. Penelitian ini mengkaji
pandangan mahasiswa Si Universitas Islam Indonesia (UII) yang mengikuti kuliah
tahun ajaran 2004/2005. Pandangan tersebut dikaji melalui penyebaran kuesioner
kepada 423 responden dari semua fakultas di UII. Materi kuesioner terdiri dari
pengertian, penerapan, sumber informasi, dan manfaat statistika, serta pengajaran
statistika. Analisis statistik yang digunakan adalah analisis deskiptif untuk
mengetahui pandangan secara umum terhadap mata kuliah statistika dan
pengajarannya di UII, serta analisis kelompok non-hierarki (K-mean) untuk
mengelompokkan pandangan mahasiswa terhadap mata kuliah statistika dan
pengajarannya. Pengertian statistika sebagai pengembangan ilmu pengetahuan dan
cabang dari metematika merupakan pengertian yang telah disepakati oleh sebagian
besar responden, sedangkan sebagian responden mempunyai motivasi utama untuk
memenuhi satuan kredit semester (SKS). Harapan responden setelah mengikuti mata
kuliah statistika adalah dapat menerapkan statistika dalam penelitian/tugas akhir.
Pandangan mahasiswa antar kelompok responden tentang statistika secara umum
berbeda, Perbedaan itu terutama tentang pengertian statistika sebagai
pengembangan ilmu pengetahuan, tujuan diwajibkannya mata kuliah statistika di
UII, serta peran dosen sebagai media informasi dan penggunaan statistika.
Selanjutnya mengenai pengajaran statistika, kelompok responden yang telah dan
sedang mengambil mata kuliah statistika sama-sama mempunyai motivasi utama
untuk memenuhi satuan kredit semester (SKS).
Collections
- Statistics [905]