Hubungan Antara Pengetahuan Dengan Ketepatan Pemakaian Lensa Kontak Pada Siswi Sman 1 Bantul Yogyakarta
Abstract
Lensa kontak merupakan suatu hasil perkembangan teknologi di
bidang oftalmologi yang digunakan sebagai alternatif pengganti kacamata untuk
mengatasi kelainan refraksi mata. Tetapi penggunaan lensa kontak menimbulkan
banyak dampak negatif yang perlu diwaspadai, terlebih jika tidak mengikuti
aturan pemakain. Seperti gangguan metabolisme mata (hypoxia),kerusakan
stroma, trauma endotel, timbulnya toksik dan alergi, keratitis steril, keratitis
mikroba, gangguan aliran air mata, dan distorsi mata.
Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar
tingkat pengetahuan dengan ketepatan Siswi SMA di Kabupaten Bantul yang
menggunakan lensa kontak pada angkatan 2012-2013.
Metode: Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian observasional (noneksperimental) dengan rancangan studi cross sectional. Penelitian akan dilakukan
pada siswi menengah atas dengan tujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan
penggunaan lensa kontak.
Hasil: Terdapat hubungan yang signifikan antara faktor usia nilai p sebesar 0.025
(p < 0.05), faktor kelas dengan pengetahuan penggunaan lensa kontak dengan
nilai p sebesar 0.040 (p < 0.05).
Simpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara Pengetahuan dengan faktor
usia dan faktor pendidikan. Dan Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara
ketepatan dengan faktor pengetahuan, faktor pendidikan dan faktor usia.
Collections
- Medical Education [2418]