Hubungan Angka Kejadian Diare Pada Anak Usia 1-2 Tahun Dengan Pemberian Asi Eksklusif Di Puskesmas Ngaglik I Sleman Periode Januari-Desember Tahun 2012
Abstract
Kejadian diare merupakan salah satu penyebab utama kematian
bayi di negara berkembang, salah satunya Indonesia. Pemberian ASI secara dini
dan eksklusif sekurang-kurangnya 4-6 bulan akan membantu mencegah penyakit
diare pada bayi. Hal ini disebabkan karena ASI memiliki komponen sIgA,
laktoferin, limfosit T, dan limfosit B.
Tujuan : Untuk mengetahui hubungan angka kejadian diare pada anak usia 1-2
tahun dengan pemberian ASI eksklusif di Puskesmas Ngaglik I Periode Januari -
Desember 2012.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan
menggunakan desain cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah semua
pasien anak yang menderita diare di Puskesmas Ngaglik I Periode Januari -
Desember 2012. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dari
rekam medis pasien di puskesmas Ngaglik I Sleman, kemudian dilakukan
pengisian kuisioner untuk mendapatkan data-data yang diperlukan. Data dianalisis
dengan menggunakan uji hipotesis Chi-square.
Hasil : Dari analisis Chi-square didapatkan hasil bahwa hubungan kejadian diare
dengan status gizi memiliki nilai p 0,101 (p > 0,05), hubungan kejadian diare
dengan faktor umur memiliki nilai p 0,968 (p > 0,05), hubungan kejadian diare
pasien dengan jenis kelamin memiliki nilai p 0,687 (p > 0,05), yang berarti tidak
terdapat hubungan yang signifikan. Hubungan kejadian diare dengan pemberian
ASI eksklusif memiliki nilai p 0,000 (p < 0,05) yang menunjukkan bahwa
terdapat hubungan yang signifikan. Dari perhitungan rasio prevalensi (RP) dengan
CI 95% didapatkan nilai RP = 0,49 (RP <1) yang menunjukkan bahwa ASI
eksklusif merupakan faktor protektif kejadian diare.
Simpulan : Terdapat hubungan yang signifikan antara pemberian ASI eksklusif
dengan kejadian diare pada anak usia 1-2 tahun di Puskesmas Ngaglik I Sleman
Januari-Desember 2012. ASI eksklusif merupakan faktor protektif kejadian diare.
Collections
- Medical Education [2284]