Hubungan Status Gizi Dengan Tingkat Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Murid Kelas 5 di SDN Selomulyo Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman
Abstract
Pada saat ini gizi merupakan salah satu beban berat bagibangsa,hakekatnya berpangkal dari keadaan ekonomi dan pengetahuanmasyarakat tentang nilai gizi makanan yang masih rendah sehingga berpengaruhpada daya beli dan perilaku masyarakat.yang dapat menurunkan status gizi.Giziburuk pada anak di usia muda membawa dampak anak mudah menderita salahmental, sukar berkonsentrasi, rendah diri, dan prestasi belajar menjadi rendah.Dari berbagai penelitian terbukti penderita gizi buruk terjadi hambatan terhadappertumbuhan otak dan tingkat kecerdasan.Dari hasil latihan ujian nasionalSekolah Dasar tahap II menunjukkan nilai rata-rata pelajaran Bahasa Indonesia7,41, Matematika 6,03, IPA 7,15 ini menunjukkan bahwa matematika palingrendah. Sedangkan nilai paling banyak yang keluar yang didapat oleh muridadalah Bahasa Indonesia 8, Matematika 3,25, IPA 7 ini menunjukkan nilaimatematika masih kurang bagi para murid sekolahdasar.Tujuan:Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara status gizidengan tingkat prestasi belajar matapelajaran matematikamurid kelas 5diSekolah Dasar Negeri Selomulyo Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman.Metode:Penelitian ini merupakan jenis penelitianobservasional denganpendekatancrossectionalyang terjadi ada waktu bersamaan. Lokasi penelitiandilakukan di Sekolah Dasar NegeriSelomulyo Ngaglik Slemansebanyak 32 anak.Penelitian dilakukanpada tanggal 26 Juni 2012. Pada penelitian ini pengambilansampling berjenis purposive sampling. Analisisdata dengan menggunakan UjiSpearman’s rhodengan taraf signifikan p = 0,05.Hasil Penelitian:Spearman’s rhotestdigunakan untuk menguji apakah terdapathubungan antara status gizi dengan prestasibelajarmatematika.Dari hasilpengujianSpearman’s rhomenunjukkan hubungan antara status gizi denganprestasi belajar matematika mempunyainilai p = 0,042. Oleh karena p< 0,05maka H1diterima. Hal ini berarti hipotesis dalam penelitian menyatakan bahwaada hubungan antara status gizi dengan prestasi belajar matematika. Selain itupenelitian ini juga menguji hubungan antara jenis kelamin dengan prestasi belajarmatematika. Dari pengujianSpearman’s rhomenunjukkan hubungan antara jeniskelamin dengan prestasi belajar matematika mempunyai nilai p = 0,480.Olehkarena nilai p> 0,05berarti hipotesis dalam penelitian menyatakan bahwatidakada antarajenis kelamindengan prestasi belajar matematika.Kesimpulan:Terdapat hubungan antara status gizi dengan prestasi belajarmatapelajaran matematika pada murid kelas 5 SD Negeri Selomulyo.Dan tidakterdapat hubungan antara jenis kelamin dengan prestasi belajar matematika.
Collections
- Medical Education [2284]