Hubungan Antara Status Gizi Dengan Prestasi Akademik Anak Usia Sekolah Di SD Negeri Banjardawa 02 Kecamatan Taman Pemalang
Abstract
Status gizi adalah kondisi tubuh yang berhubungan dengan pengkonsumsian dan penggunaan nutrisi yang diperoleh tubuh dari makanan. Nutrisi ini penting bagi perkembangan dan kecerdasan anak. Nutrisi digunakan dalam proses metabolisme otak untuk menstimulasi kerja neurotransimter sebagai pembawa pesan kimia. Hal ini penting untuk meningkatkan intelegensi anak, terutama fungsi memori terhadap mata pelajaran yang diterima di sekolah. Perkembangan otak yang baik ditunjang gizi seimbang memberikan perubahan kognitif anak, salah satunya adalah meningkatnya prestasi akademik.Tujuan: Untuk identifikasi adanya hubungan antara status gizi dengan prestasi anak usia sekolah di SD Negeri Banjardawa 02 Taman Pemalang.Metode: Penelitian iniberbentuk cross sectionaldengan rancangan deskriptifanalitik. Populasidalam penelitianini adalah seluruh siswa kelas 4 dan kelas 5 SD Negeri Banjardawa 02 Taman Pemalang. Sampel penelitian dipilih melalui metode total sampling. Analisis data menggunakan SPSS 19.0Hasil: Dari 107subjek yang masuk dalam penelitian11anak dinyatakangizi kurang dengan nilai akademik baik,86 anak gizi normal dengan nilai baik, 8 anak gizi normal dengan nilai kurangdan 2 gizi lebih dengan nilai akademik baik.Dari analisis terhadap data didapatkan nilai p=1 untuk uji Fisher, p=0,454, r=0,073 untuk uji korelatif Spearman.Simpulan: Tidak ada hubungan bermakna secara statistik antara status gizi dengan prestasi akademik anak.
Collections
- Medical Education [2279]