Persepsi Publik terhadap Kinerja Lembaga Ombudsman Daerah Propinsi DIY dalam Perbaikan Pelayanan Publik di DIY
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris apakah persepsi publik
terhadap kinerja Lembaga Ombudman DIY baik, dan apakah ada perbedaan persepsi
kinerja antara Lembaga Ombudsman DIY sebagai penyedia layanan publik dengan
masyarakat sebagai pengguna. Hasil analisis penelitian ini menunjukan bahwa
terdapat persepsi yang baik dari masyarakat terhadap kinerja Lembaga Ombudsman
DIY berdasarkan hasil uji mean yang dilakuakan, diperoleh nilai sebesar 2.865, nilai
ini berada dalam rentang 2.76 s/d 3.25 yang berarti tinggi. Kemudian nilai Mean
terbut diuji dengan alat analisis uju t satu sampel, hasilnya menunjukan bahwa
diperoleh t hitung sebesar 7.801 dan probabilitas 0.000. karena t hitung lebih besar
dari t tabel (1.995) dan probabilitas lebih kecil dari 0.05 maka Hoi ditolak yang
berarti terdapat persepsi yang baik terhadap kinerja Lembaga Ombudsman DIY dalam
perbaikan pelayanan publik di DIY.
Hasil independent t-test yang menguji apakah terdapat perbedaan persepsi
antara Lembaga Ombudsman sebagai penyedia jasa layanan publik dengan
masyarakat sebagai pengguna, diperoleh t hitung 3.615 dan probabilitas 0.001. karena
t hitung lebih besar dari t tabel (1.991) dan probabilitas lebih kecil dari 0.05 berarti
Hoi ditolak. Jadi terdapat perbedaan yang signifikan dalam hal persepsi terhadap
kinerja Lembaga Ombudsman DIY antara eksternal sebagai pengguna dan kelompok
internal (LOD) sebagai penyedia layanan.
Collections
- Akuntansi [4388]