Analisis Pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Sekolah Di Sma Kota Yogyakarta
Abstract
UKS bagian dari kegiatan sekolah yang tidak dapat dipisahkan
dalam kehidupan kegiatan di sekolah, baik untuk siswa atau siswi maupun
guru/karyawan di sekolah tersebut. Berdasarkan pengamatan Tim Pembina UKS
pusat, ternyata pelaksanaan UKS sampai dengan saat ini dirasakan masih kurang
sesuai dengan yang diharapkan.
Tujuan : untuk mengetahui pelaksanaan UKS di Sekolah Menengah Umum di
Yogyakarta
Metode : Penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan rancangan
penelitian studi kasus dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Subyek yang
diteliti adalah pelaku pelaksanaan program Usaha KesehatanSekolah dan dengan
obyek penelitian adalah situasi sosial dalam pelaksanaan program tersebut.
Narasumber ditentukan dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data
dengan cara observasi non partisipatif, wawancara mendalam, dokumentasi, dan
penyebaran kuisioner serta dilakukan triangulasi.
Hasil : Didapatkan 5 narasumber dan 29 data kuantitatif dari SMA Negeri dan
Swasta di Yogyakarta. Pengetahuan tentang UKS rata-rata narasumber memiliki
pengetahuan yang baik tentang UKS. Beberapa UKS memiliki kegiatan program
pelayanan kesehatan yang sudah berjalan dengan baik. Sumber dana sekolahsekolah memasukkan dana iuran wajib untuk UKS. Tenaga kesehatan baik dari
anggota PMR masih dirasa kurang. Sarana Prasarana masih dirasa kurang. Dari
segi sekolah sehat tidak semua sekolah memenuhi kriteria sekolah sehat. Kendala
yang dihadapai terkait sarana prasarana, tenaga kesehatan dan pendanaan. Secara
kuantitatif UKS di Kota Yogyakarta tergolong baik dan SMA Negeri lebih baik
daripada SMA Swasta dari Segi Pemberdayaan UKS.
Simpulan :Pelaksanaan UKS SMA di Yogyakarta cukup baik hanya masih
terkndala masalah kurang sumber daya manusia, sarana prasarana dan pendanaan.
Collections
- Medical Education [2279]