Show simple item record

dc.contributor.advisorRetno Kumolohadi
dc.contributor.authorSiti Sholichah
dc.date.accessioned2020-11-19T02:09:29Z
dc.date.available2020-11-19T02:09:29Z
dc.date.issued2005
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/25285
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dimensi sosial dan emosi pada siswa kelas akselerasi, dan mengetahui latar belakang terbentuknya perbedaan individual dalam dimensi sosial dan emosi siswa kelas akselerasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswa kelas III yang mengikuti program akselerasi di SMA Muhammadiyah IYogyakarta, dengan jumlah subjek sebanyak tiga orang usia 17 tahun, dan berjenis kelamin laki-laki dan perempuan. Desain penelitian yang digunakan adalah studi kasus, dengan teknik pengambilan sampel purpossive sampel sedangkan metode pengambilan datanya menggunakan teknik wawancara mendalam dan observasi. Metode analisis data yang dilakukan pada penelitian ini diawali dengan mengumpulkan data, membuat koding, tema dan kategori, mencari triangulasi data dan langkah yang terakhir melakukan penarikan kesimpulan. Peneliti melakukan tiga tahap dalam pe aksanaan koding, di awali dengan koding terbuka, koding aksial dan yang terakhir koding selektif. Hasil yang didapat menunjukkan adanya perubahan sosial dan emosi pada siswa akselerasi. Perubahan emosi yang narnpak seperti perasaan kaget, takut, jenuh tegang menjadi pendiam dan merasa terbebani, sedangkan perubahan sosial muncul karena siswa merasa dalam melakukan hubungan sosial terhambat karena waktu yang dimiliki terbatas Adanya proses penyesuaian diri didapat bahwa ada siswa yang dapat menyesuaikan baik secara sosial dan emosi serta ada siswa yang secara emosi dapat menyesuaikan diri tetapi secara sosial masih kurang. Selain itu kebijakan-kebijakan khusus yang diambil oleh pihak sekoah membawa pengaruh tersendiri terhadap dimensi sosial dan emosional pada siswa akselerasi. Perubahan dimensi sosial dan emosi pada siswa akselerasi dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor ekstemal pada siswa tersebut. Karakter pribadi yang narnpak dari siswa akselerasi yaitu memiliki motivasi diri yang kuat dan juga hasrat berprestasi yang tinggi. Selain itu kebijakan-kebijakan khusus yang diambil oleh pihak sekolah membawa pengaruh tersendiri terhadap dimensi sosial dan emosi padasiswa akselerasien_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectDimensi sosial dan emosien_US
dc.subjectProgram akselerasien_US
dc.titleDimensi Sosial dan Emosi pada Siswa Kelas Akselerasi Studi Kasus di SMA Muhammadiyah I Yogyakartaen_US
dc.Identifier.NIM01320148


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record