Dimensi Sosial dan Emosi pada Siswa Kelas Akselerasi Studi Kasus di SMA Muhammadiyah I Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dimensi sosial dan emosi pada siswa
kelas akselerasi, dan mengetahui latar belakang terbentuknya perbedaan individual dalam
dimensi sosial dan emosi siswa kelas akselerasi.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswa kelas III yang mengikuti program
akselerasi di SMA Muhammadiyah IYogyakarta, dengan jumlah subjek sebanyak tiga orang
usia 17 tahun, dan berjenis kelamin laki-laki dan perempuan. Desain penelitian yang
digunakan adalah studi kasus, dengan teknik pengambilan sampel purpossive sampel
sedangkan metode pengambilan datanya menggunakan teknik wawancara mendalam dan
observasi.
Metode analisis data yang dilakukan pada penelitian ini diawali dengan
mengumpulkan data, membuat koding, tema dan kategori, mencari triangulasi data dan
langkah yang terakhir melakukan penarikan kesimpulan. Peneliti melakukan tiga tahap dalam
pe aksanaan koding, di awali dengan koding terbuka, koding aksial dan yang terakhir koding
selektif. Hasil yang didapat menunjukkan adanya perubahan sosial dan emosi pada siswa
akselerasi. Perubahan emosi yang narnpak seperti perasaan kaget, takut, jenuh tegang
menjadi pendiam dan merasa terbebani, sedangkan perubahan sosial muncul karena siswa
merasa dalam melakukan hubungan sosial terhambat karena waktu yang dimiliki terbatas
Adanya proses penyesuaian diri didapat bahwa ada siswa yang dapat menyesuaikan baik
secara sosial dan emosi serta ada siswa yang secara emosi dapat menyesuaikan diri tetapi
secara sosial masih kurang. Selain itu kebijakan-kebijakan khusus yang diambil oleh pihak
sekoah membawa pengaruh tersendiri terhadap dimensi sosial dan emosional pada siswa
akselerasi. Perubahan dimensi sosial dan emosi pada siswa akselerasi dipengaruhi oleh
faktor internal dan faktor ekstemal pada siswa tersebut. Karakter pribadi yang narnpak dari
siswa akselerasi yaitu memiliki motivasi diri yang kuat dan juga hasrat berprestasi yang
tinggi. Selain itu kebijakan-kebijakan khusus yang diambil oleh pihak sekolah membawa
pengaruh tersendiri terhadap dimensi sosial dan emosi padasiswa akselerasi
Collections
- Psychology [2173]