Show simple item record

dc.contributor.advisorRA. Retno Kumolohadi
dc.contributor.advisorUly Gusniarti
dc.contributor.authorAsri Prahesti
dc.date.accessioned2020-11-09T07:32:45Z
dc.date.available2020-11-09T07:32:45Z
dc.date.issued2005
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/25028
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada perbedaan tingkat kreativitas verbal antara siswa SMU pada kelas akselerasi dan kelas reguler. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada perbedaan tingkat kreativitas verbal antara siswa SMU pada kelas akselerasi dan kelas reguler, dimana tingkat kreativitas verba! siswa kelas akselerasi iebih tinggi daripada siswa kelas reguler. Subjek penelitian ini adalah siswa SMU berusia 13-18 tahun di SMA Negeri I Balikpapan, Kalimantan Timur, Subjek penelitian berjumlah 66 siswa, yaitu sebanyak 26 orang siswa program akselerasi dan sebanyak 40 orang siswa program reguler. Alat ukur yang digunakan adalah Tes Kreativitas Verbal dari Utami Munandar (1977). Tes Kreativitas Verbal tersebut terdiri dari enam subtes dengan masing-masing subtes terdiri dari empat aitem. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Mann-Whitney Testdengan menggunakan SPSS for windows versi 11.5 untuk menguji apakah ada perbedaan rata-rata sekor kreativitas verbal antara siswa pada program akselerasi dengan siswa program reguler. Hasi! pengujian menunjukkan bahwa sebaran data pada tes kreativitas verbal adalah tidak normal dengan nilai z = 3,115; p=0,000 (p<0,05). Dan dengan metode Levene's Test for equaity of variance diperoleh hasi! bahwa data homogen F = 3,295; p=0,074 (p>0,05). Dikarenakan data yang tidak normal, maka digunakan statistik non parametrik untuk menguji hipotesis penelitian yaitu dengan metode Mann-Whitney Test. Berdasarkan analisis, ditunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara rata-rata kreativitas verbal kelas akselerasi dengan kelas reguler (t = 39,5; p= 0,000; p<0,01). Rata-rata skor kreativitas verbal siswa kelas akselerasi adalah 146,04 dan rata-rata skor kreativitas verbal siswa kelas reguler adalah 121,68, yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat kreativitas verbal antara siswa akselerasi dengan kelas reguler, dimana kreativitas verbal siswa kelas akselerasi Iebih tinggi dari siswa kelas reguler.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKreativitas Verbalen_US
dc.subjectProgram Akselerasien_US
dc.subjectProgram Reguleren_US
dc.titlePerbedaan Tingkat Kreativitas Verbal antara Siswa SMU pada Kelas Akselerasi dan Kelas Reguleren_US
dc.Identifier.NIM01320056


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record