Perbedaan Tingkat Kreativitas Verbal antara Siswa SMU pada Kelas Akselerasi dan Kelas Reguler
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada perbedaan tingkat
kreativitas verbal antara siswa SMU pada kelas akselerasi dan kelas reguler.
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada perbedaan tingkat
kreativitas verbal antara siswa SMU pada kelas akselerasi dan kelas reguler,
dimana tingkat kreativitas verba! siswa kelas akselerasi iebih tinggi daripada
siswa kelas reguler.
Subjek penelitian ini adalah siswa SMU berusia 13-18 tahun di SMA
Negeri I Balikpapan, Kalimantan Timur, Subjek penelitian berjumlah 66 siswa,
yaitu sebanyak 26 orang siswa program akselerasi dan sebanyak 40 orang siswa
program reguler. Alat ukur yang digunakan adalah Tes Kreativitas Verbal dari
Utami Munandar (1977). Tes Kreativitas Verbal tersebut terdiri dari enam subtes
dengan masing-masing subtes terdiri dari empat aitem.
Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan
menggunakan Mann-Whitney Testdengan menggunakan SPSS for windows versi
11.5 untuk menguji apakah ada perbedaan rata-rata sekor kreativitas verbal
antara siswa pada program akselerasi dengan siswa program reguler. Hasi!
pengujian menunjukkan bahwa sebaran data pada tes kreativitas verbal adalah
tidak normal dengan nilai z = 3,115; p=0,000 (p<0,05). Dan dengan metode
Levene's Test for equaity of variance diperoleh hasi! bahwa data homogen F =
3,295; p=0,074 (p>0,05). Dikarenakan data yang tidak normal, maka digunakan
statistik non parametrik untuk menguji hipotesis penelitian yaitu dengan metode
Mann-Whitney Test. Berdasarkan analisis, ditunjukkan bahwa terdapat
perbedaan yang sangat signifikan antara rata-rata kreativitas verbal kelas
akselerasi dengan kelas reguler (t = 39,5; p= 0,000; p<0,01). Rata-rata skor
kreativitas verbal siswa kelas akselerasi adalah 146,04 dan rata-rata skor
kreativitas verbal siswa kelas reguler adalah 121,68, yang menunjukkan bahwa
terdapat perbedaan tingkat kreativitas verbal antara siswa akselerasi dengan
kelas reguler, dimana kreativitas verbal siswa kelas akselerasi Iebih tinggi dari
siswa kelas reguler.
Collections
- Psychology [2177]