Semangat Belajar Ditinjau dari Minat Karir dan Dukungan Orang Tua
dc.contributor.advisor | Bagus Riyono | |
dc.contributor.advisor | Retno Kumolohadi | |
dc.contributor.author | Riselligia Caninsti | |
dc.date.accessioned | 2020-11-09T07:23:45Z | |
dc.date.available | 2020-11-09T07:23:45Z | |
dc.date.issued | 2004 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/123456789/25027 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah ada hubungan antara minat karir dan dukungan orang tua terhadap semangat belajar. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara minat Karir dan dukungan orang tua dengan semangat belajar. Siswa yang memiliki minat karir yang sesuai akan lebih bersemangat dalam belajar. Semakin tinggi dukungan yang diberikan oleh orang tua makaakan semakin tinggi pula tingkat semangat belajar siswa. Subjek pada penelitian ini adalah 83 siswa SMA Negeri 9 Yogyakarta yang terdiri dari 45 siswa jurusan IPA dan 38 siswa jurusan IPS. Alat ukur yang digunakan adalah skala semangat belajar yang disusun oleh penulis dengan mengacu pada pendapat dari para pengamat pendidikan, skala dukungan orang tua yang mengacu pada pendapat House& Kahn, dan skala minat karir yang mengacu pada teori kepribadian Holland. Data Penelitian dianalisis dengan komputer program SPSS 10.0 for windows. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada hubungan antara minat karir conventional terhadap semangat belajar siswa. Minat karir conventional dengan atau tanpa dukungan orang tua memiliki pengaruh terhadap semangat belajar khususnya pada siswa IPS. Ada hubungan yang sangat signifikan antara dukungan orang tua dengan semangat belajar meskipun minat anak berbeda-beda. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Minat karir | en_US |
dc.subject | dukungan orang tua | en_US |
dc.subject | semangat belajar | en_US |
dc.title | Semangat Belajar Ditinjau dari Minat Karir dan Dukungan Orang Tua | en_US |
dc.Identifier.NIM | 00320153 |
Files in this item
Files | Size | Format | View |
---|---|---|---|
There are no files associated with this item. |
This item appears in the following Collection(s)
-
Psychology [2187]