Semangat Belajar Ditinjau dari Minat Karir dan Dukungan Orang Tua
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah ada hubungan antara minat karir dan
dukungan orang tua terhadap semangat belajar. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah
ada hubungan antara minat Karir dan dukungan orang tua dengan semangat belajar. Siswa yang
memiliki minat karir yang sesuai akan lebih bersemangat dalam belajar. Semakin tinggi dukungan
yang diberikan oleh orang tua makaakan semakin tinggi pula tingkat semangat belajar siswa.
Subjek pada penelitian ini adalah 83 siswa SMA Negeri 9 Yogyakarta yang terdiri dari 45
siswa jurusan IPA dan 38 siswa jurusan IPS. Alat ukur yang digunakan adalah skala semangat belajar
yang disusun oleh penulis dengan mengacu pada pendapat dari para pengamat pendidikan, skala
dukungan orang tua yang mengacu pada pendapat House& Kahn, dan skala minat karir yang mengacu
pada teori kepribadian Holland. Data Penelitian dianalisis dengan komputer program SPSS 10.0 for
windows.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada hubungan antara minat karir conventional
terhadap semangat belajar siswa. Minat karir conventional dengan atau tanpa dukungan orang tua
memiliki pengaruh terhadap semangat belajar khususnya pada siswa IPS. Ada hubungan yang sangat
signifikan antara dukungan orang tua dengan semangat belajar meskipun minat anak berbeda-beda.
Collections
- Psychology [2173]