Persepsi Mahasiswa UII terhadap Majalah Kampus X
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang persepsi mahasiswa UII
terhadap majalah kampus X, perbedaan persepsi mahasiswa UII wanita dan pria terhadap majalah
kampus X dan perbedaan persepsi antara mahasiswa UII fakultas eksakta dan non eksakta terhadap
majalah kampus X. Desain penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan
pendekatan deskriptif. Dan konsep yang digunakan merupakan riset skala kecil konsumen dengan
menggunakan survei dan didukung data wawancara yang biasa digunakan dalam riset pemasaran
professional (Supranto, 1983). Dimana kedudukan mahasiswa UII sebagai konsumen dan majalah
kampus X sebagai produk yang ditinjau dalam penelitian. Kredibilitas dalam penelitian ini
dilakukan berdasarkan analisis isi yang dijelaskan berdasar buku Metodologi Penelitian Kualitatif
Noeng Muhadjir (1989).
Subjek penelitian ini mahasiswa UII angkatan 2003/2004 dan angkatan-angkatan
sebelumnya, yang selanjutnya disebut populasi penelitian. Alat ukur yang digunakan oleh peneliti
adalah menggunakan metode Angket (Questionnaire) yang dibuat oleh peneliti dan wawancara
mendalam (In Depth Interview). Pengambilan sampel individu yang didilakukan dengan system
pengelompokkan berdasar persentase jumlah total tiap fakultas untuk sampel Angket
(Questionnaire), dan Purposive untukwawancara mendalam.
Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis isi.
fasihtas program SPSS. 11,5 For Window dan Microsoft Excel untuk data Angket (Questionnaire)
dan analisis verbatim untuk pengolahan data wawancara mendalam. Penelitian ini tidak bertujuan
menggeneralisis hasil, namun secara dominan hasil deskripsi aitem dan verbatim penelitian
persepsi mahasiswa UII terhadap majalah kampus X cukup positif. Dan berdasarkan analisa
crosstabs dapat diketahui bahwa tidak ada perbedaan antara mahasiswa dan mahasiswi UII dalam
mempersepsi majalah kampus X. Akan tetapi ada perbedaan penilaian mahasiswa UII antara
fakultas eksakta dan non eksakta terhadap majalah kampus X secara keseluruhan dalam
penelitian ini juga ditemukan ada beberapa harapan mengenai peningkatan kualitas produk yang
berlandaskan pada kebutuhan dan keinginan mahasiswa terhadap sebuah produk bacaan yang
bersifat kompetitif informatif dan menghibur. Penelitian ini diharapkan dapat membantu dalam
penyusunan kebijakan untuk meningkatkan efektivitas kerja dan kinerja tim majalah kampus X
dalam usaha peningkatan kualitas yang telah baik menjadi lebih baik sehingga bermanfaat secara
maksimal dan terhindarkan dari pemubaziran.
Kata Kunci: Persepsi Mahasiswa UII terhadap Majalah
Collections
- Psychology [2188]