Aplikasi Logika Fuzzy untuk Prediksi Juara Lomba MotoGP
Abstract
Makin berkembangnya kebutuhan manusia akan teknologi membuat fungsi
komputer semakin luas dan nyaris tanpa batas. Salah satu bentuk fungsi komputer
adalah sebagai alat bantu prediksi. Perkiraan atau prediksi merupakan suatu hal
yang penting untuk mencapai hasil yang lebih maksimal terhadap keputusan atau
jalan yang akan diambil. Dengan menimbang banyak hal untuk menentukan hasil
akhir apa yang akan diputuskan.
APLIKASI LOGIKA FUZZY UNTUK PREDIKSI JUARA LOMBA
MOTOGP ini dirancang sebagai aplikasi untuk memprediksi juara dalam suatu
seri MotoGP berdasarkan aturan-aturan tertentu menggunakan logika Fuzzy.
Masalah yang dibahas meliputi hasil seri sebelumnya. Logika Fuzzy yang dipakai
menggunakan metode Tsukamoto. Pengguna menginputkan data urutan start dan
data urutan finish yang didapat. Pada hasil akhirnya adalah berupa prediksi urutan
finis pembalap pada satu seri.
Collections
- Informatics Engineering [2148]