Show simple item record

dc.contributor.advisorYuiianti Dwi Astuti
dc.contributor.authorSigit Tri Hartanto Sukamto
dc.date.accessioned2020-11-04T03:02:16Z
dc.date.available2020-11-04T03:02:16Z
dc.date.issued2004
dc.identifier.urihttp://dspace.uii.ac.id/123456789/24901
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menguji persepsi terhadap karakteristik ideal guru dan self-efficacy siswa pada mata pelajaran matematika. Dugaan awal yang diajukan dalam penelitian ini adalah adanya hubungan antara persepsi terhadap karakteristik ideal guru dengan self-efficacy siswa pada mata pelajaran matematika, dimana siswa yang mempersepsi dididik oleh guru dengan karakteristik mengajar yang baik dan menyenangkan akan memiliki pengharapan dan self-efficacy yang tinggi dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah yang diberikan guru kepadanya. Sebaliknya siswa yang mempersepsi dididik oleh guru dengan karakteristik mengajar yang kurang baik dan menyenangkan akan memiliki pengharapan dan self-efficacy yang rendah dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah yang diberikan guru kepadanya. Responden dalam penelitian adalah siswa dan siswi kelas satuSMA Negeri 5 Yogyakarta. Metode pengurupulan data yang digunakan dua skala yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Skala I (Karakteristik Ideal Guru) yang berjumlah 50 aitem dengan keandalan (reliabilitas) adalah alpha= 0,9741, skala ini disusun oleh penulis sendiri berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Hamalik (1992). Skala II (Self-Efficacy) yang berjumlah 25 aitem disusun oleh penulis berdasarkan teori Bandura (1997) dengan keandalan (reliabilitas) adalah alpha= 0,8935. Untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap karakteristik ideal guru dan self-efficacy siswa pada mata pelajaran matematika, maka teknik korelasi product moment oleh Pearson, hasilnya menimjukkan koefisien korelasi sebesar 0,278 dengan p = 0,005. (p < 0,01). sehingga ada hubungan antara persepsi terhadap karakteristik ideal guru dengan self-efficacy siswa pada mata pelajaran matematika. Berdasarkan uji korelasi Product Moment antara tiap aspek self-efficacy dan karakteristik guru diperoleh koefisien korelasi sebagai berikut: level sebesar 0,274 dengan signifikansi sebesar 0,006 (p<0,01). strength sebesar 0.301 dengan signifikansi sebesar 0,003 (p<0,01). generality sebesar 0,245 dengan signifikansi sebesar 0,012 (p<0,05).en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPersepsi terhadap karakteristik guruen_US
dc.subjectSelf-Efficacyen_US
dc.subjectMatematikaen_US
dc.titlePersepsi terhadap Karakteristik Ideal Guru dan Self-Efficacy Siswa pada Mata Pelajaran Matematikaen_US
dc.Identifier.NIM00320044


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record