Persepsi terhadap Karakteristik Ideal Guru dan Self-Efficacy Siswa pada Mata Pelajaran Matematika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji persepsi terhadap karakteristik ideal
guru dan self-efficacy siswa pada mata pelajaran matematika. Dugaan awal yang
diajukan dalam penelitian ini adalah adanya hubungan antara persepsi terhadap
karakteristik ideal guru dengan self-efficacy siswa pada mata pelajaran
matematika, dimana siswa yang mempersepsi dididik oleh guru dengan
karakteristik mengajar yang baik dan menyenangkan akan memiliki pengharapan
dan self-efficacy yang tinggi dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah yang
diberikan guru kepadanya. Sebaliknya siswa yang mempersepsi dididik oleh guru
dengan karakteristik mengajar yang kurang baik dan menyenangkan akan
memiliki pengharapan dan self-efficacy yang rendah dalam menyelesaikan tugas-tugas
sekolah yang diberikan guru kepadanya. Responden dalam penelitian adalah
siswa dan siswi kelas satuSMA Negeri 5 Yogyakarta.
Metode pengurupulan data yang digunakan dua skala yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu Skala I (Karakteristik Ideal Guru) yang berjumlah 50
aitem dengan keandalan (reliabilitas) adalah alpha= 0,9741, skala ini disusun oleh
penulis sendiri berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Hamalik (1992). Skala
II (Self-Efficacy) yang berjumlah 25 aitem disusun oleh penulis berdasarkan teori
Bandura (1997) dengan keandalan (reliabilitas) adalah alpha= 0,8935.
Untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap karakteristik ideal
guru dan self-efficacy siswa pada mata pelajaran matematika, maka teknik
korelasi product moment oleh Pearson, hasilnya menimjukkan koefisien korelasi
sebesar 0,278 dengan p = 0,005. (p < 0,01). sehingga ada hubungan antara
persepsi terhadap karakteristik ideal guru dengan self-efficacy siswa pada mata
pelajaran matematika.
Berdasarkan uji korelasi Product Moment antara tiap aspek self-efficacy
dan karakteristik guru diperoleh koefisien korelasi sebagai berikut: level sebesar
0,274 dengan signifikansi sebesar 0,006 (p<0,01). strength sebesar 0.301 dengan
signifikansi sebesar 0,003 (p<0,01). generality sebesar 0,245 dengan signifikansi
sebesar 0,012 (p<0,05).
Collections
- Psychology [2222]