Show simple item record

dc.contributor.advisorBachnas
dc.contributor.advisorBalya Umar
dc.contributor.authorAminudin AJis
dc.contributor.authorRestu Nugroho, 00511159
dc.date.accessioned2020-10-26T06:26:00Z
dc.date.available2020-10-26T06:26:00Z
dc.date.issued2005
dc.identifier.urihttp://dspace.uii.ac.id/123456789/24835
dc.description.abstractSeiring dengan bertambahnya jumlah kendaraan, tentunya juga cenderung akan menimbulkan banyak masalah, diantaranya adalah parkir. Parkir yang tidak sesuai dengan ketentuan akan menimbulkan kemacetan dan kesemrawutan lalu lintas. Pada ruas jalan C. Simanjuntak kota Yogyakarta banyak ditemukan kendaraan yang parkir pada badan jalan. Penggunaan badan jalan sebagai kawasan parkir akan menyebabkan penyempitan jalan itu sendiri. Hal ini akan mengurangi fungsi jalan sebagai sarana lalu lintas. Dilatarbelakangi hal tersebut penulisan ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan badan jalan pada ruas jalan C. Simanjuntak kota Yogyakarta sebagai kawasan parkir dan kemungkinan dilakukannya sistem pengaturan parkir yang lebih tepat dan efisien dan juga sebagai masukan bagi Pemda DIY dengan menggunakan metode survei. Adapun batasan masalahnya adalah upaya mengevaluasi kapasitas statis dan kapasitas dinamis kendaraan terhadap volume parkir kendaraan, mengevaluasi jumlah ruang parkir yang dibutuhkan, indeks parkir serta pencarian turn over kendaraan yang parkir pada badan jalan di ruas jalan C. Simanjuntak. Dari evaluasi yang dilakukan selama penelitian dilakukan, ternyata pada badan jalan diruas jalan C. Simanjuntak didapatkan nilai KS arah lebar, untuk kendaraan pribadi sebesar 282,6086957, kendaraan niaga sebesar 260, bus sebesar 191,176471 dan sepeda motor 866,66667 kendaraan, sedangkan KS arah panjang untuk kendaraan pribadi sebesar 130, kendaraan niaga sebesar 130, bus sebesar 52 dan sepeda motor 325 kendaraan. Nilai KD arah lebar untuk kendaraan pribadi sebesar 113043,4783, kendaraan niaga sebesar 104000, bus sebesar 76470,5882 dan sepeda motor 346666,67 kendaraan, dan KD arah panjang untuk kendaraan pribadi sebesar 52000, kendaraan niaga sebesar 52000, bus sebesar 20800 dan sepeda motor 130000 kendaraan, volume parkir sebesar 10536 kendaraan: Dari nilai KD, KS dan volume parkir kendaraan tersebut didapat bahwa nilai KS baik arah panjang maupun lebar lebih kecil dari volume kendaraan, maka tidak layak untuk dijadikan tempat parkir. Sedangkan untuk nilai KD baik arah panjang maupun lebar lebih besar dari volume parkir maka layak untuk dijadikan tempat parkir. Dari hasil perhitungan DS, dapat disimpulkan bahwa kawasan tersebut memiliki nilai DS < 0.8, sehingga ruas jalan C.Simanjuntak kota Yogyakarta memiliki tingkat kejenuhan sesuai dengan standar MKJI 1997 yaitu (< 0,8), sehingga memenuhi syarat standar MKJI 1997 Berdasarkan gambar 5.13 pada halaman 47, untuk kecepatan diatas 25- 30 mil/jam didapat tingkat pelayanan (LOS) =B,sedangkan Berdasarkan gambar 5.13 pada halaman 47 untuk perbandingan volume terhadap kapasitas untuk nilai =0,09194 ~ 0,1 smp/jam didapat tingkat pelayanan jalan (LOS) = A.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAnalisis Penggunaan Badan Jalanen_US
dc.subjectKawasan Parkiren_US
dc.subjectRuas Jalan C. Simanjuntak Yogyakartaen_US
dc.titleAnalisis Penggunaan Badan Jalan sebagai Kawasan Parkir pada Ruas Jalan C. Simanjuntak Yogyakartaen_US
dc.Identifier.NIM00511126


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record