Aplikasi Logical Agent dengan Studi Kasus Permainan Minesweeper
Abstract
Kecerdasan buatan adalah salah satu bagian dari ilmu komputer yang
bertujuan untuk membuat komputer dapat berpikir dan bertindak seperti manusia.
Dengan berkembangnya bidang ini, kini manusia dapat memecahkan berbagai
masalah dengan menggunakan bantuan komputer.
Logical Agent merupakan salah satu aplikasi di bidang kecerdasan buatan.
Agent adalah sebuah sistem atau program komputer yang dikondisikan berada
dalam suatu lingkungan dan mampu melakukan suatu analisa serta tindakan
terhadap masalah yang dihadapi.
Permainan Minesweeper adalah salah satu masalah dimana Logical Agent
dapat diaplikasikan untuk menyelesaikannya. Informasi yang bisa didapatkan
agen adalah nilai angka petunjuk dari kotak yang telah terbuka. Angka tersebut
menunjukkan jumlah ranjau yang berada di sekitarnya. Tujuan agen adalah
menyelesaikan permainan dengan membuka semua kotak yang bukan merupakan
lokasi ranjau. Metode yang digunakan dalam pemecahan masalah permainan
Minesweeper adalah Constraint Propagation.
Aplikasi dibuat menggunakan bahasa pemrograman Pascal dengan
Compiler menggunakan Borland Delphi 7.
Collections
- Informatics Engineering [2189]