Perbedaan Tingkat Kecemasaan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Dalam Menghadapi Ujian Akhir Blok Dengan Menggunakan Metode Penilaian Yang Berbeda Antara Angkatan 2011 Dan Angkatan 2009 Universitas Islam Indonesia
Abstract
Ujian akhir blok pada mahasiswa kedokteran sering menimbulkan
stressor yang dapat menimbulkan kecemasan. Kecemasan yang timbul pada saat
menghadapi ujian akhir blok dapat menganggu konsentrasi pada saat ujian. Sehingga
akan mempengaruhi hasil yang akan dicapai pada ujian tersebut.
Tujuan : Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat kecemasan
dalam menghadapi ujian akhir blok dengan metode penilaian yang berbeda pada
mahasiswa kedokteran angkatan 2009 dan 2011 di Universitas Islam Indonesia.
Metode : penelitian ini mengunakan metode cross sectional. Tingakat kecemasan
diukur mengunakan T-MAS > Populasi yang digunakan adalah mahasiswa angkatan
2009 pada Blok Kegawatdaruratan dan mahasiswa angkatan 2011 pada Blok
Imunopatologi 2.1, dengan jumlah sebesar 100 mahasiwa yang dipilih secara acak.
Pengukuran sampel mengunakan rumus Sovlin . Analis mengunakan Sample T test.
Hasil : Dari Uji analisis sample t test menunjukan jika harga t hitung lebih kecil dari
harga t table ( - 3,025 < - 1,988) sehingga harga Ho diterima dan Ha ditolak , Dari hasil
penghitungan menujukan terdapat perbedaan kecemasaan yang signifikan ketika
menghadapi ujian akhir blok diantara mahasiswa angkatan 2009 dan angkatan 2011.
Kesimpulan : Tingkat kecemasan dalam menghadapi ujian akhir blok pada angkatan
2009 pada blok Kegawatdarurat dan angkatan 2011 pada blok Imunopatologi 2.1
adalah berada ditingkat kecemasan yang sedang.Terdapat perbedaan tingkat kecemasan
xii
mahasiswa dalam menghadapai ujian akhir blok dengan sistem yang lama yang
dilaksanakan oleh angkatan 2009 pada blok Kegawatdarurat dan sistem yang baru yang
dilaksanakan oleh angkatan 2011 pada blok Imunopatologi 2.1 Fakultas Kodokteran
Universitas Islam Indonesia. Mahasiswa angkatan 2011 memiliki kecemasan lebih
tinggi dibanding angkatan 2009.
Collections
- Medical Education [2284]