dc.description.abstract | Metode merupakan komponen pendidikan yang sangat penting dan besar peranannya dalam menentukan keberhasilan proses pembelajaran, karena metode merupakan suatu cara yang dipergunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Penentuan metode yang akan digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran akan sangat menentukan berhasil atau tidaknya pembelajaran yang berlangsung. Implementasi metode yang digunakan guru untuk menyampaikan materi fikih belum berjalan dengan baik, dikarenakan keterbatasannya sarana prasarana yang ada, dan langkah-langkah penerapan sebuah metode yang belum terpenuhi, seperti perencanaan, pelaksanaan, faktor pendukung, penghambat dan keberhasilan penggunaan metode. Meskipun dalam pembelajaran banyak metode-metode yang kerap digunakan oleh seorang guru untuk mendukung keberhasilan belajar, maka semestinya dalam bidang fiqih selain metode ceramah, diskusi, dan pemberian tugas, yang juga kerap digunakan oleh seorang guru dalam menyampaikan isi materi, metode demonstrasi juga tepat untuk diterapkan dan digunakan dalam bidang fiqih, khususnya pada materi-materi tertentu seperti perawatan jenazah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang Efektivitas penggunaan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Fiqih Pada Siswa-Siswi Kelas IX di MTsN Ngemplak. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk metode penelitian deskriptif dengan menggunakan alat pengumpulan data (instrumen) angket tertutup, wawancara terstruktur, dan observasi. Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini, dapat penulis simpulkan bahwa tingkat penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih, pada materi perawatan jenazah dalam kategori tinggi (efektiv) sesuai dengan banyaknya jawaban siswa, 66 siswa (28+38=66) atau 88% (37,4+50,6=88). Hasil penelitian ini juga menemukan bahwa pengetahuan siswa jadi bertambah setelah siswa memperhatikan dan memperagakan materi perawatan jenazah di kelas. | en_US |