Motivasi Berprestasi Siswa Sekolah Dasar Model Pembelajaran Satu Arah dan Model Pembelajaran Learning by Doing
Abstract
Penelitian ini berlujuan untuk mengetahui adanya perbedaan
motivasi berprestasi siswa sekolah dasar model pembelajaran
satu arah dalain sistem konvensional dan sekolah dasar model
pembelajaran learning by doing. Hipotesis penelitian ini adalah
ada perbedaan motivasi berprestasi siswa sekolah dasar model
pembelajaran satu arah dalam sisiem konvensional dan siswa
sekolah dasar model pembelajaran learning by doing.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala
motivasi berprestasi. Jumlah subick pada penelitian ini adalah
63 orang yang terdiri dan 38 siswa SDN Kentungan untuk
mewakili sekolah dengan model pembelajaran satu arah dalam
sistem konvensional dan 25 siswa SDIT Bina Anak Sholeh
untuk mewakili subjek dengan model pembelajaran learning by
doing. Analisis data dilakukan dengan menggunakan t-Test for
Independent Samples.
Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan motivasi
berprestasi yang signifikan antara siswa sekolah dasar dengan
model pembelajaran satu arah dalam sistem konvensional dan
siswa sekolah dasar dengan model pembelajaran learning by
doing (t=-1,708 ; p=0,093 atau p>0,05) yang berarti hipotesis
dalam penelitian ini tidak terbukti.
Collections
- Psychology [2228]