Studi Penataan Lalu Lintas Jalan Wates di Sekitar Pasar Gamping Yogyakarta
Date
2006Author
Widya Nur Faiq, 00511361
Dandy Masetyo Nugroho, 00511379
Metadata
Show full item recordAbstract
Pasar Gamping merupakan pasar tradisional yang berlokasi di Jalan
Wates, merupakan salah satu pasar yang mempunyai aktivitas tinggi. Lokasi
pasar yang berada di pinggir jalan dengan minimnya fasilitas parkir, fasilitas
bagi pejalan kaki dan angkutan umum, semakin menambah permasalahan di ruas
jalan ini. Permasalahan lalu lintas yang timbul akibat aktivitas di samping jalan
tersebut kemudian disebut sebagai hambatan samping. Akibatnya adalah
bangkitnya aktivitas parkir baru di badan jalan, kendaraan keluar masuk sisi
jalan, pejalan kaki dan kendaraan lambat. Hal ini jelas berpengaruh langsung
terhadap kinerja jalan di ruas jalan yang bersangkutan.
Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
hambatan samping (SF) terhadap kapasitas jalan (C) dan kecepatan tempuh
kendaraan ringan (VLV) dan memberikan altematif pemecahan terhadap
permasalahan yang ditimbulkan akibat faktor hambatan samping pada ruas Jalan
Wates depan Pasar Gamping guna mengoptimalkan kinerja jalan melalui analisis
dengan metode MKJI (1997) dan persamaan regresi linear menggunakan
Microsoft Excel.
Hasil analisis dengan MKJI (1997) dan persamaan regresi linear
didapatkan hubungan hambatan samping (SF) dengan kecepatan kendaraan
ringan (VLV) di ruas utara dan di ruas selatan. Sedangkan hambatan samping
(SF) selama periode analisis dikategorikan menurut MKJI (1997) di ruas utara
menunjukkan kategori yang sangat tinggi (VH) dan di ruas selatan menunjukkan
kategon tinggi (H). Analisis nilai derajat kejenuhan (DS) rata-rata sebesar 0,76
diatas batas nilai derajat kejenuhan ideal (0,75). Beberapa altematif pemecahan
masalah baik secara fisik, non fisik maupun manajemen lalu lintas diharapkan
dapat menurunkan nilai derajat kejenuhan. Dengan beberapa solusi dan
altematif yang ditawarkan, serta pemecahan masalah dengan gabungan dapat
menurunkan nilai DS dari 0,77 menjadi 0,62.
Collections
- Civil Engineering [4205]