Pengaruh Pelatihan Kualitas Pelayanan terhadap Kinerja Karyawan Toko Depo Bangunan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris pengaruh pelatihan
kualitas pelayanan untuk meningkatkan kinerja karyawan di Toko Depo
Bangunan. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat
pengaruh positif pelatihan kualitas pelayanan terhadap kinerja karyawan pada
kelompok yang diberikan pelatihan dibandingkan dengan kelompok yang tidak
diberikan pelatihan. Responden yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 18
orang karyawan yang memilki tingkat kinerja kategori sedang. Responden dibagi
menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen 10 orang karyawan dan
kelompok kontrol 8 orang karyawan. Penelitian ini menggunakan desain pre-test
post-tes control group design. Variabel kinerja karyawan diukur dengan
menggunakan aspek-aspek kinerja yang diadaptasi dan dimodifikasi dari
Mangkunegara (2013), sedangkan kualitas pelayanan diukur dengan Service
Quality (SERVQUAL) yang diadaptasi dari Parasuraman, Zeithaml dan Berry
(1988). Analisis data yang digunakan adalah uji Mann Whitney U Test dengan
menggunakan SPSS 22 for windows. Hasil analisis statistik yang dilakukan
diperoleh nilai Z = -3.804 dan p = 0.000 (p<0.05). Artinya terdapat perbedaan
skor tingkat kinerja karyawan antara kelompok eskperimen dengan kelompok
kontrol setelah diberikan pelatihan.
Collections
- Master of Psychology [374]