Show simple item record

dc.contributor.advisorIrwan Nuryana K
dc.contributor.authorAchmad Purna Nugraha, 02320049
dc.date.accessioned2020-10-01T15:58:19Z
dc.date.available2020-10-01T15:58:19Z
dc.date.issued2007
dc.identifier.urihttp://dspace.uii.ac.id/123456789/24322
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kecerdasan emosi dan efikasi diri pelajaran matematika. Hipotesis yang yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara kecerdasan emosi dan efikasi diri pelajaran matematika.. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas 3 SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Subjek yang dilibatkan sebagai responden dalam penelitian ini berjumlah 67 siswa. Skala yang digunakan untuk mengukur tingkat kecerdasan emosi yang dibuat sendiri oleh peneliti terdiri dari 24 aitem yang terdiri dari lima aspek yaitu (1) mengenal emosi diri, (2) mengelola emosi, (3) memotivasi diri, (4) mengenal emosi orang lain daan (5) membina hubungan. Skala efikasi diri matematika menggunakan model rating scale dengan mengacu pada aspek-aspek teori Bandura yang terdiri dari (1) dimensi strength /kekuatan, (2) dimensi magnitude/ tingkat dan (3) dimensi generality/ cakupan bidang Selanjutnya peneliti melakukan analisis realibilitas skala dengan menggunakan koefisien alpha. Hasil analisis butir dengan menggunakan program SPSS 12 for windows. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan korelasi non parametrik Spearmen menghasilkan korelasi sebesar 0,286 dengan p = 0,10 (p<0,05). Hal ini berarti ada hubungan antara kecerdasan emosi dan efikasi diri pelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukkan ada korelasi antara kecerdasan emosi dan efikasi diri pelajaran matematika sebesar 0,286. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini ditenma. Adanya hubungan antara kecerdasan emosi dan efikasi diri pelajaran matematika menunjukkan bahwa semakin tinggi nilai kecerdasan emosi maka semakin tinggi pula efikasi diri pelajaran matematika, begitu pula sebaliknya.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectHubungan antara Emotional Intelligenceen_US
dc.subjectSelf Efficacy Matematikaen_US
dc.subjectkecerdasan emosien_US
dc.subjectefikasi diri pelajaran matematikaen_US
dc.titleHubungan antara Emotional Intelligence dan Self Efficacy Matematikaen_US
dc.Identifier.NIM02320049


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record