Hubungan antara Emotional Intelligence dan Self Efficacy Matematika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kecerdasan emosi dan
efikasi diri pelajaran matematika. Hipotesis yang yang diajukan dalam penelitian ini
adalah ada hubungan antara kecerdasan emosi dan efikasi diri pelajaran matematika..
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas 3 SMA Muhammadiyah 1
Yogyakarta. Subjek yang dilibatkan sebagai responden dalam penelitian ini berjumlah 67
siswa. Skala yang digunakan untuk mengukur tingkat kecerdasan emosi yang dibuat
sendiri oleh peneliti terdiri dari 24 aitem yang terdiri dari lima aspek yaitu (1) mengenal
emosi diri, (2) mengelola emosi, (3) memotivasi diri, (4) mengenal emosi orang lain daan
(5) membina hubungan. Skala efikasi diri matematika menggunakan model rating scale
dengan mengacu pada aspek-aspek teori Bandura yang terdiri dari (1) dimensi strength
/kekuatan, (2) dimensi magnitude/ tingkat dan (3) dimensi generality/ cakupan bidang
Selanjutnya peneliti melakukan analisis realibilitas skala dengan menggunakan
koefisien alpha. Hasil analisis butir dengan menggunakan program SPSS 12 for windows.
Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan korelasi non parametrik Spearmen
menghasilkan korelasi sebesar 0,286 dengan p = 0,10 (p<0,05). Hal ini berarti ada
hubungan antara kecerdasan emosi dan efikasi diri pelajaran matematika. Hasil penelitian
menunjukkan ada korelasi antara kecerdasan emosi dan efikasi diri pelajaran matematika
sebesar 0,286. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini
ditenma. Adanya hubungan antara kecerdasan emosi dan efikasi diri pelajaran
matematika menunjukkan bahwa semakin tinggi nilai kecerdasan emosi maka semakin
tinggi pula efikasi diri pelajaran matematika, begitu pula sebaliknya.
Collections
- Psychology [2192]