Penerapan Metode Hazard Identification Risk Assessment and Determining Control (HIRADC) di Bagian Diesel PT. Kereta Api Indonesia (Persero) UPT Balai Yasa Yogyakarta
Abstract
PT. KERETA API INDONESIA (Persero) UPT Balai Yasa Yogyakarta merupakan bengkel kereta api Indonesia yang bertugas melakukan perawatan dan perbaikan lokomotif yang kegiatannya memiliki potensi bahaya kecelakaan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan K3 dan mengevaluasi potensi bahaya kecelakaan kerja dengan metode Hazard Identification Risk Assessment and Determining Control (HIRADC) pada bagian diesel. Teknik ini dilakukan dengan melakukan observasi lingkup kegiatan dan dokumen kemudian disimpulkan besaran nilai berdasarkan matriks penilaian dan pengendalian yang dapat diterapkan. Hasil dari penelitian ini adalah perusahaan telah melaksakan penerapan K3 dengan baik tanpa kompromi dan konsisten, perusahaan telah melakukan berbagai upaya untuk menekan terjadinya kecelakaan. Hasil evaluasi potensi kecelakaan kerja didapatkan pada bagian diesel terdapat 28 kegiatan dengan total 426 uraian kegiatan diketahui terdapat 6% potensi bahaya kategori tinggi dan 5% potensi bahaya kategori sangat tinggi hal ini dikarenakan pada proses kegiatannya menggunakan alat berat dan bahan kimia. setelah ditambahkan pengendalian tambahan potensi risiko tinggi dan sangat tinggi turun hingga menjadi 0%, dapat disimpulkan juga bahwa perusahaan telah melakukan pengendalian dengan baik tetapi perlu adanya pengendalian tambahan untuk meminimalisir risiko.
Collections
- Environmental Engineering [1430]