Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pengembangan Moral Peserta Didik di SDIT Al-Iman Bintara Jaya Bekasi Barat Jawa Barat
Abstract
Peran Guru Pendidikan Agama Islam sangat dibutuhkan dalam membimbing dan mengarahkan para siswanya terutama berkaitan dengan akhlak. Masa kanak-kanak adalah masa dimana anak-anak masih belum mengetahui mana yang pantas maupun tidak pantas untuk dilakukan, kecenderungannya mereka sering meniru apa yang dilihat, didengar atau yang dilakukan seseorang entah Guru, orang tua atau teman sebayanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Guru PAI dalam pengembangan moral peserta didik di SDIT Al-Iman Bintara Jaya Bekasi Barat Jawa Barat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah , wakil kepala Bidang Kurikulum SDIT Al-Iman, Miftahul Anwar, S.Pd.I selaku Wakil kepla Bidang Kesiswaan, serta Ibu Yusimah, S.Pd.I selaku Guru PAI. Objek penelitian ini berupa Moral peserta didik SDIT Al-Iman. Teknik yang digunakan dalam menentukan subjek penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu teknik penentuan sampel yang dipilih sesuai dengan tujuan penelitian atau dengan pertimbangan tertentu untuk memperkuat alasan seseorang menjadi subjek penelitian dalam skripsi ini. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pengembangan Moral Peserta Didik di SDIT Al-Iman Bintara Jaya Bekasi Barat Jawa Barat, sebagai berikut:`1. Guru sebagai muallim. 2. Guru sebagai Muaddib. 3. Guru sebagai Mursyid. Dengan indikasi perilaku Guru memperlihatkan perhatian yang luar biasa terhadap anak-anak Saat ada kesulitan, guru memberikan contoh pembiasaan bacaan tajwid yang benar. Guru membimbing siswa untuk melakukan kegaiatan Shalat Dhuha,mabit, dan tilawah harian, Guru mengontrol perilaku, dan Guru memberikan perhatian yang penuh untuk mempraktekan perilaku yang mulia
Collections
- Islamic Education [862]