Pengaruh Literasi Keuangan, Persepsi Risiko dan Overconfidence terhadap Keputusan Investasi (Studi Kasus pada Generasi Milenial di Yogyakarta)
Abstract
Meningkatnya jumlah Single Investor Identification (SID) dari Kustodian Sentral Efek Indonesia menunjukkan minat dalam berinvestasi. Peningkatan jumlah investor dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, persepsi risiko dan overconfidence terhadap keputusan investasi pada generasi millennial di Yogyakarta. Responden pada penelitian ini adalah 160 anak generasi millennial yang berada di provinsi Yogyakarta. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner secara online dan diolah dengan menggunakan SPSS Statistik 23. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan, persepsi risiko, dan overconfidence berpengaruh positif terhadap keputusan investasi pada generasi milenial.
Collections
- Akuntansi [4399]