Show simple item record

dc.contributor.advisorLuqman
dc.contributor.authorMuhammad Khoirul Al Anshori, 15422102
dc.date.accessioned2020-09-10T08:37:13Z
dc.date.available2020-09-10T08:37:13Z
dc.date.issued2020-01-06
dc.identifier.urihttp://dspace.uii.ac.id/123456789/23874
dc.description.abstractDalam kurikulum 2013 proses penilaian pembelajaran dilakukan dengan penilaian otentik. Pada awal penerapan penilaian otentik tahun 2013/2014 diberlakukan pada sekolah-sekolah pilihan. MA Darunnajah Kebonagung merupakan salah satu Sekolah yang mulai menerapkan penilaian otentik pada tahun 2015. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi ilmiah mengenai pelaksanaan penilaian otentik kurikulum 2013 yang berada di MA Darunnajah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mana penulis menggabungkan data-data yang ada kemudian diwujudkan dalam bentuk kalimat agar mudah dipahami oleh pembaca. Adapun metode pengambilan data yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini MA Darunnajah Kebonnagung sudah menerapkan penilaian otentik dengan tiga kompetensi yaitu kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan. Langkah-langkah menerapkan penilaian otentik berupa perencanaan penilaian, pelaksanaan penilaian, analisis penilaian dan laporan hasil penilaian. Adapun teknik dan instrumen pada mata pelajaran pendidikan agama islam yaitu: (a) aspek pengetahuan, teknik tes tertulis berupa soal uraian dan teknik tes lisan. (b) aspek keterampilan, teknik penilaian portofolio. (c) aspek sikap, teknik penilaian jurnal.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectImplementasi Penilaian Otentiken_US
dc.subjectKurikulum 2013en_US
dc.subjectMA Darunnajah Kebonagungen_US
dc.titleImplementasi Penilaian Otentik dalam Kurikulum 2013 di MA Darunnajah Kebonagungen_US
dc.Identifier.NIM15422102


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record