dc.contributor.advisor | Luqman | |
dc.contributor.author | Muhammad Khoirul Al Anshori, 15422102 | |
dc.date.accessioned | 2020-09-10T08:37:13Z | |
dc.date.available | 2020-09-10T08:37:13Z | |
dc.date.issued | 2020-01-06 | |
dc.identifier.uri | http://dspace.uii.ac.id/123456789/23874 | |
dc.description.abstract | Dalam kurikulum 2013 proses penilaian pembelajaran dilakukan dengan penilaian otentik. Pada awal penerapan penilaian otentik tahun 2013/2014 diberlakukan pada sekolah-sekolah pilihan. MA Darunnajah Kebonagung merupakan salah satu Sekolah yang mulai menerapkan penilaian otentik pada tahun 2015. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi ilmiah mengenai pelaksanaan penilaian otentik kurikulum 2013 yang berada di MA Darunnajah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mana penulis menggabungkan data-data yang ada kemudian diwujudkan dalam bentuk kalimat agar mudah dipahami oleh pembaca. Adapun metode pengambilan data yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini MA Darunnajah Kebonnagung sudah menerapkan penilaian otentik dengan tiga kompetensi yaitu kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan. Langkah-langkah menerapkan penilaian otentik berupa perencanaan penilaian, pelaksanaan penilaian, analisis penilaian dan laporan hasil penilaian. Adapun teknik dan instrumen pada mata pelajaran pendidikan agama islam yaitu: (a) aspek pengetahuan, teknik tes tertulis berupa soal uraian dan teknik tes lisan. (b) aspek keterampilan, teknik penilaian portofolio. (c) aspek sikap, teknik penilaian jurnal. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Implementasi Penilaian Otentik | en_US |
dc.subject | Kurikulum 2013 | en_US |
dc.subject | MA Darunnajah Kebonagung | en_US |
dc.title | Implementasi Penilaian Otentik dalam Kurikulum 2013 di MA Darunnajah Kebonagung | en_US |
dc.Identifier.NIM | 15422102 | |