Show simple item record

dc.contributor.advisorUmatul Khoiriyah
dc.contributor.authorTresna Domara Putri, 16711134
dc.date.accessioned2020-09-09T03:36:07Z
dc.date.available2020-09-09T03:36:07Z
dc.date.issued2020-07-17
dc.identifier.urihttp://dspace.uii.ac.id/123456789/23819
dc.description.abstractLatar Belakang : Feedback merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran pendidikan kedokteran dan diperlukan oleh mahasiswa dalam perkembangan menjadi dokter. Menurut hasil penelitian pendahuluan yang dilakukan peneliti terhadap beberapa mahasiswa FK UII angkatan 2016 menunjukan bahwa feedback tertulis yang diberikan evaluator OSCE memiliki beberapa kelemahan. Berdasarkan hal tersebut, maka diperlukan evaluasi yang menyeluruh terutama terkait persepsi mahasiswa terhadap feedback tertulis yang diberikan evaluator OSCE di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia. Tujuan : Untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap feedback tertulis OSCE keterampilan medik di FK UII Metode : Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data pengumpulan menggunakan wawancara mendalam dengan subjek sebanyak 32 orang yang dipilih melalui metode maximum variation sampling. Data dianalisis secara tematik. Hasil : Hasil penelitian ini menjelaskan tiga tema besar dari persepsi mahasiswa terhadap feedback tertulis OSCE keterampilan m edik yaitu:1) fungsi feedback tertulis di OSCE yang meliputi perbaikan performa, arahan berpikir dan perubahan self-belief, 2) pendukung efektivitas feedback tertulis di OSCE yang meliputi model penulisan, metode kombinasi feedback, kualitas pesan yang disampaikan, waktu pemberian feedback, dan kualitas pelaksaan ujian OSCE, dan 3) penghambat feedbck tertulis di OSCE berupa ketidakjelasan isi target, perbedaan cara mengajar instruktur, subyektivitas penilaian oleh evaluator dan kualitas keterampilan medik Kesimpulan : Persepsi mahasiswa terhadap feedback tertulis OSCE keterampilan medik terdiri dari fungsi feedback tertulis di OSCE, pendukung efektivitas feedback tertulis di OSCE dan penghambat efektivitas feedback tertulis di OSCE.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectFeedback tertulisen_US
dc.subjectOSCEen_US
dc.subjectKeterampilan Mediken_US
dc.titlePersepsi Mahasiswa terhadap Feedback Tertulis Objective Structured Clinical Examination (OSCE) Keterampilan Medik di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesiaen_US
dc.Identifier.NIM16711134


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record