Persepsi Mahasiswa terhadap Feedback Tertulis Objective Structured Clinical Examination (OSCE) Keterampilan Medik di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia
Abstract
Latar Belakang : Feedback merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran pendidikan kedokteran dan diperlukan oleh mahasiswa dalam perkembangan menjadi dokter. Menurut hasil penelitian pendahuluan yang dilakukan peneliti terhadap beberapa mahasiswa FK UII angkatan 2016 menunjukan bahwa feedback tertulis yang diberikan evaluator OSCE memiliki beberapa kelemahan. Berdasarkan hal tersebut, maka diperlukan evaluasi yang menyeluruh terutama terkait persepsi mahasiswa terhadap feedback tertulis yang diberikan evaluator OSCE di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia.
Tujuan : Untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap feedback tertulis OSCE keterampilan medik di FK UII
Metode : Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data pengumpulan menggunakan wawancara mendalam dengan subjek sebanyak 32 orang yang dipilih melalui metode maximum variation sampling. Data dianalisis secara tematik.
Hasil : Hasil penelitian ini menjelaskan tiga tema besar dari persepsi mahasiswa terhadap feedback tertulis OSCE keterampilan m edik yaitu:1) fungsi feedback tertulis di OSCE yang meliputi perbaikan performa, arahan berpikir dan perubahan self-belief, 2) pendukung efektivitas feedback tertulis di OSCE yang meliputi model penulisan, metode kombinasi feedback, kualitas pesan yang disampaikan, waktu pemberian feedback, dan kualitas pelaksaan ujian OSCE, dan 3) penghambat feedbck tertulis di OSCE berupa ketidakjelasan isi target, perbedaan cara mengajar instruktur, subyektivitas penilaian oleh evaluator dan kualitas keterampilan medik
Kesimpulan : Persepsi mahasiswa terhadap feedback tertulis OSCE keterampilan medik terdiri dari fungsi feedback tertulis di OSCE, pendukung efektivitas feedback tertulis di OSCE dan penghambat efektivitas feedback tertulis di OSCE.
Collections
- Medical Education [2418]