Show simple item record

dc.contributor.advisorLukman
dc.contributor.authorWidiani Hidayati, 16422171
dc.date.accessioned2020-09-08T05:56:40Z
dc.date.available2020-09-08T05:56:40Z
dc.date.issued2020-07-07
dc.identifier.urihttp://dspace.uii.ac.id/123456789/23795
dc.description.abstractPendidikan adalah hak segala bangsa, itu artinya kesempatan merata kepada semua manusia, tanpa membedakan kemampuan fisik (normal atau tuna), status gender, strata social dan latar belakang etnis, budaya,dan agamanya. Begitupun dengan Anak Berkebutuhan Khusus selain Sekolah Luar Biasa (SLB), kini di Indonesia sudah banyak sekolah Inklusi yang melayani Anak Berkebutuhan Khusus. Penelitian dilakukan di MTs Generasi Emas yang merupakan sekolah inklusi berbasis Islam, penelitani ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Implementasi pengembangan kurikulum berbasis Islam untuk Anak Berkebutuhan Khusus di MTs Generasi Emas Denpasar Bali. Penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yaitu peneliti penyelidiki secara cermat program, dan proses pengimplementasian pengembangan kurikulum berbasis islam untuk ABK di MTs Generasi Emas secara lengkap dengan menggunakan berbagai prosedur. Informannya adalah Ketua Yayasan, Wakil kepala sekolah bagian kurikulum, guru pembimbing khusus dan beberapa murid MTs Generasi Emas. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, keabsahan data dilakukan dengan triangulasi, dan member-checking. Hasil penelitian ini adalah Pengembangan kurikulum berbasis islam di MTs Generasi Emas memenuhi syarat prinsio-prinsip pengembangan kurikulum yaitu prinsip relevansi, fleksiblitas, kontinuitas, praktis, dan efektivitas. pengimplementasian prinsip-prinsip pengembangan kurikulum berjalan baik, walau belum maksimal. Pengembangan komponen kurikulum yaitu Tujuan, materi, strategi, media dan evaluasi telah dimodifikasi dan disesuaikan dengan kemampuan Anak Berkebutuhan Khusus.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPengembangan Kurikulumen_US
dc.subjectKonsep Pendidikan dalam Islamen_US
dc.subjectAnak Berkebutuhan Khusussen_US
dc.titleImplementasi Pengembangan Kurikulum Berbasis Islam untuk Anak Berkebutuhan Khusus di MTS Generasi Emas Denpasar Balien_US
dc.Identifier.NIM16422171


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record