Show simple item record

dc.contributor.advisorA.F Djunaidi
dc.contributor.authorLio Lyoni, 16422184
dc.date.accessioned2020-09-07T02:32:04Z
dc.date.available2020-09-07T02:32:04Z
dc.date.issued2020-07-09
dc.identifier.urihttp://dspace.uii.ac.id/123456789/23748
dc.description.abstractMasjid merupakan pusat segala kegiatan bagi umat Islam. Kehadiran masjid kampus dapat menjadi pengembangan dakwah untuk menciptakan mahasiswa yang berilmu, bertaqwa, beramal dan berkarakter islami. Hal itu tidak terlepas dari upaya pengurus masjid dalam mengoptimalkan perannya untuk meningkatkan kemakmuran masjid. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis program kajian dan peran takmir masjid Ulil Albab dalam menyelanggarakan pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah jamaah dan pengurus DPPAI UII. Objek penelitian ini adalah program kajian dan peran takmir masjid Ulil Albab UII. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan peningkatan ketekunan, triangulasi dan membercheck. Teknik analisis data dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) program kajian yang diselenggarakan diantaranya kajian rutin, kajian peringatan hari besar, tabligh akbar, kajian kemuslimahan dan special even lainnya. (2) Peran takmir masjid sebagai fasilitator mempunyai peranan yang sangat penting, salah satunya menciptakan lingkungan masjid yang hidup dengan berbagai konsep kajian yang menarik yang berfungsi untuk menambah ilmu pengetahuan bagi jama’ah. Takmir masjid Ulil Albab telah melaksanakan perannya dengan baik namun pemahaman organisasi, rancangan program yang telah dibuat, serta penguatan jamaah harus ditingkatkan lagien_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectTakmir Masjid Ulil Albaben_US
dc.subjectPendidikan Islamen_US
dc.titlePeran Takmir Masjid Ulil Albab Universitas Islam Indonesia dalam Menyelenggarakan Pendidikan Islamen_US
dc.Identifier.NIM16422184


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record