Kerjasama Guru dan Orang Tua Bagi Pencapaian Prestasi Belajar Siswa di MTs Al-Ikhlas Negarayu Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes
Abstract
Hasil belajar menunjukkan bagaimana kemampuan siswa mengetahui, memahami dan bahkan mengaplikasikan perolehan pembelajaran yang didapatnya dari seorang guru. Untuk dapat mencapai hasil belajar yang maksimal maka perlu terjalin kerjasama yang baik antara guru dan orang tua siswa. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kerja sama orang tua dan guru berdampak pada prestasi belajar siswa di MTs Al-Ikhlas.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dimana data yang dikumpulkan merupakan hasil akumulasi data yang didapatkan dilapangan. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru, dan orangtua siswa kelas VII MTs Al-Ikhlas, sedangkan tempat penelitian berada di MTs Al-Ikhlas Negarayu Kec. Tonjong, Kab. Brebes. Teknik pengumpulan data penelitian ini memakai teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajiaan data dan penarikan kesimpulan.
Bentuk kerjasama guru dan orangtua dalam mencapai prestasi belajar siswa adalah komunikasi, dimana komunikasi yang dilakukan adalah komunikasi formal dan non formal. Bentuk kerjasama yang kedua yaitu pengajian yang dilakukan sebulan sekali antara orangtua dan pihak madrasah, keterlibatan orangtua pada pembelajaran anak di rumah adalah bentuk kerjasama yang ketiga, dimana orangtua ikut serta memantau anaknya dalam belajar di rumah. Kerjasama yang dilakukan oleh guru dan orangtua berhasil walaupun tidak maksimal, dikatakan berhasil karena lebih dari 50% siswa mendapat hasil yang lebih baik dari hasil sebelumnya, hal ini diperoleh dari nilai siswa kelas VII semester 2 dan nilai siswa kelas VIII semester 1. Dampak kerjasama orang tua siswa dan guru dapat meningkatkan prestasi belajar siswa karena lebih dari separuh nilai siswa meningkat setelah adanya kerjasama orangtua dan guru yang dilakukan secara maksimal.
Collections
- Islamic Education [862]